Kabinet Baru Harapan Baru

Nasional / 22 October 2009

Kalangan Sendiri

Kabinet Baru Harapan Baru

Lestari99 Official Writer
2696

Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono hari ini telah mengumumkan dan melantik susunan Kabinet Indonesia Bersatu II. Seperti perkiraan banyak pihak, kali ini pun kabinet yang terbentuk adalah kabinet perkoncoan, yaitu orang-orang yang terpilih adalah orang-orang yang dekat dengan presiden. Namun SBY telah memenuhi janjinya untuk mengajak semua partai koalisi yaitu sebanyak 58,8% dari 34 menteri berasal dari partai politik koalisi.

Kursi menteri diberikan kepada lima partai yang lolos ke Senayan. Partai Demokrat mendapat 8 menteri, PKS 4 menteri, PAN 4 menteri, PPP dan PKB masing-masing 3 menteri, dan partai Golkar diberi 3 kursi menteri. Selebihnya para profesional, pejabat karir atau perwakilan berbagai unsur. Seharusnya dengan komposisi seperti ini, dukungan partai terhadap kebijakan pemerintah di parlemen bila berjalan dengan baik dapat merupakan dukungan yang hebat sebab partai yang berkoalisi menguasai 75% kursi DPR.

Seperti janji SBY sebelumnya, fokus program pemerintah dalam lima tahun ke depan adalah peningkatan kesejahteraan rakyat, demokrasi yang lebih kuat, dan penegakan keadilan. Bukan hal mudah untuk menjalankan ketiga fokus ini. Hanya para kader partai inilah yang bisa membuktikan apakah mereka benar-benar bertanggungjawab atas tugas yang mereka pikul dan bukan hanya kumpulan pencari ‘sesuap nasi' di kabinet dan menjadi ATM bagi keuangan partai.

Kegagalan politisi dalam pemerintah justru mencoreng citra partai di mata rakyat sekaligus menjadi bencana. Disebut bencana karena pada dasarnya kepercayaan rakyat terhadap partai politik tinggal tersisa sedikit padahal partai politik menjadi pilar utama dari demokrasi. Bagaimanapun juga, kabinet baru yang terbentuk membawa harapan baru bagi segenap rakyat Indonesia. Banyak harapan dan impian segenap rakyat tergantung di pundak mereka. Paling tidak segenap rakyat Indonesia harus memberi kesempatan kepada mereka untuk bekerja.

Mari kita nantikan dengan sabar kinerja 100 hari pemerintahan. Selamat berjuang para pejuang rakyat. Kiranya kalian benar-benar berjuang bagi kesejahteraan rakyat dalam 5 tahun ke depan. Seperti yang dikatakan oleh SBY saat pelantikan kabinet siang ini, banyak yang meragukan tapi tidak perlu menjawab dengan kata-kata cukup dengan kerja nyata.

Sumber : mediaindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami