Barbie Kok Berkulit Hitam...?Kenapa Ngga..

Nasional / 22 October 2009

Kalangan Sendiri

Barbie Kok Berkulit Hitam...?Kenapa Ngga..

Puji Astuti Official Writer
3637

Barbie, boneka ini identik dengan gambaran gadis muda dengan rambut pirang dan kulit putih. Namun baru-baru ini Mattel, produsen Barbie meluncurkan boneka-boneka yang menuai kritik dan pujian. Pasalnya, boneka-boneka ini berkulit hitam dengan rambut lurus dan beberapa keriting. Ya.. boneka-boneka yang berwarna Grace, Kara dan Trichelle ini mewakili wanita keturunan Afrika-Amerika.

Beberapa mengkritik boneka ini tidak cukup hitam dan rambutnya terlalu lurus sehingga kurang mewakili wanita Afro-Amerika. Tapi banyak juga yang tidak sependapat.

Boneka ini diciptakan oleh Stacy McBride-Irby, seorang wanita Afro-Amerika yang anak perempuan sering bermain boneka yang tidak mirip dengannya, hal inilah yang menginspirasi wanita ini untuk membuat boneka Barbie baru tersebut.

"Banyak ayah yang mengucapkan terima kasih karena menciptakan boneka yang mewakili putrid-putri mereka. Boneka ini untuk semua anak perempuan di seluruh dunia," ungkap Stacy.

Ini bukanlah boneka pertama yang dibuat Mattel dan menuai berbagai kritikan. Pada tahun 1997, Mattel bekerja sama dengan produsen kue Nabisco membuat boneka Oreo Fun Barbie. Boneka itu di kritik karena menyudutkan masyarakat berkulit hitam dengan menggambarkan "seseorang sekalipun hitam diluarnya tetapi putih di dalam."

Barbie bukanlah sekedar boneka, di generasi ini Barbie sangat mempengaruhi kepercayaan diri anak-anak remaja. Banyak remaja kepercayaan dirinya hancur karena menjadikan Barbie sebagai standar kecantikan ideal.

Boneka hanyalah mainan. Untuk itu, orangtua perlu memberi pengertian pada anak bahwa boneka seperti Barbie ini bukanlah standar kehidupan, karena anak-anak itu, seperti apapun mereka adalah pribadi yang berharga di mata Tuhan.

Sumber : CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami