Investor: Reformasi Kabinet Baru

Nasional / 21 October 2009

Kalangan Sendiri

Investor: Reformasi Kabinet Baru

Tammy Official Writer
2399
Angin perubahan kembali lagi berhembus untuk lima tahun ke depan ini bagi bangsa Indonesia. Meskipun pemerintahan tetap dipimpin oleh Presiden SBY, tetapi tampaknya ia akan membawa wajah-wajah baru dalam susunan kabinetnya.

Seperti janjinya untuk memprioritaskan Kesejahteraan Rakyat dalam pidato pelantikannya, tentunya Presiden juga harus menyadari bahwa susunan kabinet yang dipilihnya akan mempengaruhi para investor yang akan berinvestasi di negeri ini. Dan tentunya investasi mereka juga akan mempengaruhi kesejahteraan rakyat.

Sejatinya kalangan investor menginginkan Presiden SBY memilih lebih banyak teknokrat dan profesional dalam kabinet mendatang bukannya para politisi karir dengan kepentingan sempit. Selain itu, mereka mengharapkan reformasi birokrasi dan lembaga-lembaga penting haruslah dipercepat untuk menggenjot investasi dari para investor.

Meskipun terdapat sejumlah kemajuan selama lima tahun pertama, pemerintahan Yudhoyono masih mendapatkan nilai rendah dalam melonggarkan iklim usaha.

Dengan berbagai sumber yang berlimpah, diperlukan investasi di sektor minyak, gas dan pertambangan. Tetapi nasionalisme sempit, ketidakpastian hukum dan kepentingan sempit di beberapa sektor ekonomi telah menghambat banyak investor.


Sumber : bbcindonesia.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami