Puna, Pesawat Pengintai Teroris Asli Indonesia

Nasional / 20 October 2009

Kalangan Sendiri

Puna, Pesawat Pengintai Teroris Asli Indonesia

Tammy Official Writer
3142
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto Kadiman mengungkapkan bahwa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah melakukan penelitian dan berhasil mengembangkan pesawat terbang mini nir awak atau disebut "Puna" sebagai pesawat pengintai dari udara terhadap apa yang sedang terjadi di darat dan laut.

Rencananya pada tahun 2010 Puna akan segera dioperasikan sebagai pendukung pertahanan keamanan nasional dan pengintai teroris. Puna akan digunakan oleh militer dan aparat kepolisian Indonesia dalam melakukan penyusupan terhadap aktifitas di daerah rawan konflik. Pesawat ini dilengkapi kamera mini untuk memotret kejadian di lapangan dan melaporkan kepada pihak terkait sebagai barang bukti. "Puna juga melakukan pengintaian terhadap teroris yang sedang bersembunyi di lokasi yang sulit dijangkau," kata Menristek.

Sementara itu Direktur Pusat Teknologi Industri Pertahanan Keamanan BPPT, Joko Purwono menyatakan, Puna yang merupakan pesawat otonomos ini tidak dikontrol melalui remote dan dapat mencapai ketinggian di udara hingga 120 kilometer (km). Pesawat yang sedang dalam proses penyempurnaan ini akan diproduksi oleh PT. Dirgantara Indonesia (DI) pada tahun depan.

"Kita ingin menunjukan pesawat Puna buatan peneliti Indonesia bisa digunakan sebagai pendukung keamanan nasional, jadi tidak harus dibeli dari luar negeri," ujar Menristek. Ya, mari kita dukung produk militer karya anak bangsa ini. Kiranya berguna bagi ketahanan negeri ini demi meredam tindakan terorisme serta kriminalitas lainnya.


Sumber : antara.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami