Semakin Hijau Lebih Sehat

Solusi Sehat / 20 October 2009

Kalangan Sendiri

Semakin Hijau Lebih Sehat

Tammy Official Writer
5837
\"TamanPernahkah Anda menyadari, mengapa ketika Anda berada di ruangan terbuka terutama dengan banyaknya tanaman hijau sepanjang Anda memandang... Anda merasakan lebih tenang dan sehat? Pertanyaan Anda ada jawaban ilmiahnya. Lagi-lagi terbukti bahwa ruang terbuka hijau memang meningkatkan kualitas kesehatan. Di masa sekarang dengan semakin mahalnya biaya kesehatan, mungkin bisa dipertimbangkan untuk memanfaatkan ruang terrbuka hijau sebagai upaya pencegahan penyakit.
 
Hasil penelitian unik yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menyatakan bahwa orang-orang yang tinggal dalam radius satu kilometer dari taman atau area ruang terbuka hijau lainnya lebih jarang mengalami depresi dan kecemasan.
 
Dan ternyata orang yang tinggal di lingkungan urban memiliki prevelansi lebih tinggi mengalami depresi dan kecemasan dibandingkan mereka yang tinggal dekat ruang terbuka hijau.
 
Manfaat kesehatan lain yang didapat oleh mereka yang rumahnya dekat ruang terbuka hijau, radius 1-3 kilometer di antaranya pencernaan yang lebih sehat dan menurunnya gejala gangguan fisik yang sering tidak bisa dijelaskan secara medis. Selain udara yang lebih segar, ruang terbuka juga memungkinkan kita lebih terekspos pada sinar matahari yang kaya vitamin D.

Tentu akan lebih sangat nyaman jika di lingkungan rumah Anda juga terdapat taman hijau yang dapat Anda kunjungi di waktu santai saja. Tetapi memang sayangnya terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan, taman hijau masih sangat sedikit. Mungkin sudah saatnya masyarakat mendesak pemerintah daerah masing-masing untuk menghentikan pembangunan "hutan beton" dan membangun taman hijau.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami