Menerima Pujian Tetapi Menolak Sanjungan

Kata Alkitab / 19 October 2009

Kalangan Sendiri

Menerima Pujian Tetapi Menolak Sanjungan

agnes.faith Official Writer
5014

Apabila Anda benar-benar mencapai sesuatu yang berarti dalam hidup dan dipuji karenanya, Anda harus menerima pujian tersebut dengan sikap yang terhirmat. Menolak untuk menerima pujian yang sah bukanlah tanda kerendahan hati, melainkan tanda rasa tidak aman.

Andrew Murray melihat menembus penampilan palsu dari harga diri yang rendah ini. beginilah caranya mengekspresikan hal ini: "Saya khawatir ada banyak orang yang berusaha merendahkan diri dengan menyalahkan diri sendiri dan mencela diri sendiri." Ironisnya, ternyata ini merupakan pendekatan kea rah pembuktian kepada orang lain bahwa Anda adalah orang yang super rohani. Murray menegaskan bahwa pendekatan kedagingan seperti ini biasanya tidak berhasil baik. Ia dengan tegas menyatakan bahwa banyak orang seperti ini "masih harus mengakui dengan sedih bahwa roh yang rendah hati, yang disertai kebaikan, belas kasihan, kelemahlembutan, dan kesabaran, masih tetap jauh."

Ini mungkin garis yang tipis, tetapi bermanfaat jika kita sadar bahwa ada perbedaan antara pujian yang layak diterima dan sanjungan yang tidak tulus dan melayani diri sendiri. Ada orang yang mungkin berusaha memperoleh dukungan dari Anda dengan sanjungan, dan orang rendah hati akan dengan sopan menolak sanjungan itu.

Sebagai contoh, sewaktu menulis buku ini saya telah tiba pada tahap kehidupan dimana sahabat saya dan saya cenderung berbicara tentang usia kami, dan tidak merahasiakannya, yang tidak mungkin kami lakukan bertahun-tahun yang lalu. Jadi, saya sering menyebutkan bahwa usia saya 71 tahun. Tetapi dari waktu ke waktu seorang yang mendengar ini akan berkata, "Peter, Anda tidak tampak berusia 71 tahun!" Pernyataan seperti ini jelas melintasi garis  menjadi sanjungan. Faktanya adalah usia saya 71 tahun dan karena itu, saya pasti tampak berusia 71 tahun. Ketika saya mendengar itu, jawaban saya adalah, "Ya, saya tampak berusia 71 tahun karena usia saya memang 71 tahun!" percakapan tersebut biasanya menimbulkan tawa gugup, dan karena ini persoalan sepele, kami dengan cepat melanjutkan ke topik lain.

Menerima sanjungan berkaitan erat dengan mengakumulasi pujian yang diminta. Belum lama ini saya melihat sebuah buku yang ditulis oleh seorang penulis terkenal dan diterbitkan oleh penerbit Kristen terkenal dengan 26 pernyataan dengan paragraph panjang berisi pujian untuk si penulis dan bukunya. Ke 26 pernyataan itu tampil di bagian depan buku sebelum halaman judul. Ini menurut saya jauh melebihi standar normal industri, yaitu tiga atau empat pernyataan dukungan, dan dapat ditafsirkan memproyeksikan perasaan tidak aman orang yang rendah hati biasanya tidak mengizinkan untuk muncul ke permukaan.

Sumber : Rendah Hati - C. Peter Wagner
Halaman :
1

Ikuti Kami