Yamashita Asafumi Jadi Selebrity Karena Kebun

Entrepreneurship / 18 October 2009

Kalangan Sendiri

Yamashita Asafumi Jadi Selebrity Karena Kebun

Puji Astuti Official Writer
3620

Yamashita Asafumi memegang dengan lembut tomat hijau yang lebat, dan memetik sebuah tomat yang seukuran buah blueberry. Merah terang warna mikro-tomat tersebut, mengandung banyak tenaga, terasa manis, dan akan segera dikirim dari rumah kaca Yamashita di kota Perancis ke restoran Paris Pierre Gagnaire dan l'Astrance.

Yamashita adalah seorang selebriti tukang kebun, salah satu dari sekelompok kecil produsen yang memasok bahan baku bagi koki top dunia. Dia sangat kontras dengan raksasa agribisnis, pengusaha mikro seperti Yamashita berkembang dengan menawarkan layanan pribadi dan unik bagi para koki yang produknya tidak  akan ditemukan di tempat lain.

"Asafumi adalah sayuran  asal Jepang yang sangat manis, mereka hampir seperti buah-buahan," demikian komentar kepala koki I'Astrance Barbot Pascal. "Sayuran darinya benar-benar unik."

Yamashita, 56, lahir di Jepangdan  menemukan tempatnya di klub eksklusif ini secara kebetulan. Dia pertama kali datang ke Paris pada umur 22 untuk belajar di Sorbonne Perancis, tinggal selama beberapa tahun sebelum kembali ke Tokyo untuk memulai sebuah bisnis ekspor-impor. Tapi ia dengan cepat menjadi gelisah. "Aku merindukan ketenangan, udara terbuka, sesuatu yang tidak biasa," katanya.

Kebun bonsai

Kembali ke Perancis pada tahun 1989, ia mendirikan sebuah bisnis bonsai di halaman belakang rumahnya di Chapet, sekitar 30 kilometer barat laut Paris. Selain menjual bonsai, ia menyewakannya pada hotel dan restoran, termasuk restoran Jepang yang disebut Benkey. Ia berteman dengan kepala koki Benkey, yang menyarankan agar ia mulai menanam sayuran Jepang yang tidak tersedia secara lokal dan memasok ke restoran-restoran Jepang.

Dengan investasi awal hanya $ 500 untuk membeli benih dari Jepang, dia panen tanaman pertamanya pada bulan November 1996, termasuk sayuran seperti sebagai komatsuma, semacam bayam, dan hatsukadadikon, lobak Jepang. Dalam setahun, ia menyuplai 12 restoran Jepang di sekitar Paris.

Tapi Yamashita segera meletakkan pemandangan pada klien baru. "Saya percaya saya adalah sayuran Michelin kualitas bintang tiga," katanya. "Aku bertekad untuk menjualnya kepada juru masak yang akan tahu bagaimana mempersiapkan mereka dan membiarkan mereka yang sebenarnya datang rasa hidup."

Yamashita memperoleh jalan masuk baru ke dunia elit kuliner melalui seorang temannya empat tahun lalu, Yuzo Uehara, seorang koki Jepang yang bekerja di Paris. Uehara telah melatih Christian Le Squer, sekarang kepala koki di Ledoyen, salah satu dari hanya 10 restoran Paris yang menerima penghargaan bintang tiga dari Michelin. Bersenjatakan rekomendasi dari Uehara, Yamashita tiba di dapur Ledoyen membawa keranjang sayuran yang berasal dari kebunnya. Ketika Le Squer mencicipi salah satu sayuran lobak putih Yamashita, atau kabu, ia terpana. Dia membayar Yamashita sebagai salah satu pemasok tetapnya.

Menjaga Tetap Kecil

Setelah itu, reputasi Yamashita dengan cepat menyebar dari mulut ke mulut. "Aku tidak pernah melakukan pemasaran apapun untuk mendapatkan klien baru," katanya. Sekarang usahanya menghasilkan sekitar $ 150.000 per tahun, memasok sayuran ke tujuh klien: enam diantaranya  restoran-restoran berbintang di Paris dan satu restoran Jepang lokal.

Yamashita dapat dengan mudah memperluas usahanya tapi dia tetap konsisten dengan  enam rumah kaca di belakang rumahnya. Dia memiliki daftar tunggu calon pelanggan, termasuk restoran-restoran di hotel mewah Le Meurice, Bristol, dan L'Hôtel de Crillon.

Tapi ia ingin menjaga bisnisnya tetap kecil. Dia tidak memiliki karyawan, lebih memilih untuk mengolah kebun sendirian bersama istrinya, Naomi, dan membuat perjalanan tahunan ke Jepang untuk memilih benih untuk tahun berikutnya.

"Saya bisa menghasilkan begitu banyak di halaman belakang rumahku, sekitar 80 hingga 90 kabus dan 30 kilo sayuran seminggu," katanya. "Restoran-restoran itu akhirnya berkelahi memperebutkan sayuran."

Berebut dan berani membayar mahal. Mikro-tomat Yamashita dijual  $ 40 per pon, sementara komatsuma dijual sebesar $ 13 per pon, dan kabu miliknya hampir $ 9.

Dengan tetap kecil memungkinkan Yamashita untuk memberikan sentuhan pribadi pada kliennya, seperti mengantarkan sayuran untuk restoran sendiri daripada menggunakan distributor seperti kebanyakan produsen lakukan. Waktu pengiriman juga memberinya kesempatan untuk bersentuhan langsung dengan beberapa koki terbaik di dunia dan kadang-kadang menasihati mereka tentang bagaimana mempersiapkan sayuran. "Saya pernah berkata Pierre Gagnaire untuk menghentikannya mengiris kabus saya dan mengajarinya untuk memotong bentuk kubus agar mereka bisa mempertahankan rasa manis," ujarnya. "Dia mendengarkan saya dan sekarang memotongnya seperti itu."

Sayurannya kadang membuat Yamashita bangga, salah satu kisahnya adalah tentang pesanan khusus dari para koki. Koki restoran L'Astrance, Barbot sering memanggil Yamashita untuk memesan banyak mikro-tomat atas permintaan klien khusus. "Itu tidak lain Catherine Deneuve," katanya.

"Rupanya cucunya memuja tomat saya," ungkapnya bangga.

Bisnis berhasil selalu dimulai dari hati. Lakukan apa yang Anda cintai, dan kerjakanlah dengan segenap hati. Jangan terfokus pada keuntungan, tapai bagaimana Anda bisa membuat perbedaan.

Sumber : News Week
Halaman :
1

Ikuti Kami