Buah Pengobat Gangguan Kesehatan Ringan

Solusi Sehat / 18 October 2009

Kalangan Sendiri

Buah Pengobat Gangguan Kesehatan Ringan

Lestari99 Official Writer
4750

Apakah Anda pernah mengalami gangguan kesehatan yang ringan sehingga merasa tidak perlu untuk pergi ke dokter? Tapi bagaimana pun juga, masalah ringan tersebut tetap saja membuat aktivitas Anda terganggu. Anda sebaiknya mencari cara penyelesaian yang lain untuk mengatasi gangguan tersebut, misalnya dengan terapi makanan. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur, karena di dalam makanan tersebut terdapat beberapa gizi penting yang seringkali kita abaikan. Bisa jadi buah-buahn dan sayur-mayur tersebut dapat membantu Anda mengatasi gangguan ringan yang sedang Anda alami.

Mari kita lihat beberapa gangguan ringan yang Anda hadapi dan buah apa yang cocok untuk mengatasi permasalahan Anda tersebut:

Rambut kering karena mewarnai atau mengeriting rambut - Alpukat

Bagi Anda yang senang mengikuti model dengan mewarnai atau mengeriting rambut Anda, seringkali Anda akan mengalami masalah rambut kering. Karena proses pewarnaan dan pengeritingan rambut memang akan menghilangkan kadar air dan lemak rambut sehingga rambut Anda pun menjadi kering dan kusam. Untuk masalah ini, perbanyak konsumsi alpukat. Buah alpukat matang mengandung 30% minyak tumbuh-tumbuhan yang berharga, sangat efektif untuk mengatasi rambut kering dan kusam.

Otak lelah karena berpikir terlalu keras - Pisang

Ketika Anda sedang berpikir keras, tanpa Anda sadari hal ini akan menyebabkan berkurangnya kalori, mineral dan vitamin dari dalam tubuh Anda. Selain otak terasa lelah, seringkali Anda juga merasa kurang bergairah. Solusinya? Konsumsi pisang karena pisang diyakini dapat memberi zat gizi yang diperlukan dan memperbaiki suasana hati yang sedang tidak bergairah.

Mata lelah - Pepaya

Bagi Anda pekerja kantoran, memandangi layar komputer seharian menjadi hal yang tak dapat Anda hindari. Menonton televisi terlalu lama juga dapat menyebabkan mata lelah karena mata telah kehilangan sejumlah besar vitamin A yang merupakan unsur penting pada kepekaan cahaya pada retina sehingga mata menjadi kering, perih, takut cahaya atau bahkan penglihatan menjadi menurun. Ketika Anda mengalami gangguan ini, segeralah mengkonsumsi pepaya yang dapat menyediakan sejumlah besar vitamin A.

Pendarahan pada gigi - Kiwi

Kesehatan gigi saling berhubungan dengan vitamin C. Mereka yang kekurangan vitamin C giginya menjadi rapuh, kerap mengeluarkan darah, bengkak, bahkan gigi menjadi goyang. Kiwi dapat menjadi solusi bagi masalah ini karena kadar vitamin C yang dikandung kiwi paling banyak bila dibandingkan dengan buah-buahan lain. Kiwi pun telah menjadi rekomendasi para ahli kesehatan untuk mengatasi gangguan akan vitamin C.

Penyakit jantung - Jeruk Bali

Kolesterol yang berlebihan secara serius mempengaruhi kesehatan pembuluh darah jantung, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit jantung. Gangguan ini dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi jeruk bali. Jeruk bali adalah buah yang memiliki efek terapi makanan dan diakui dunia kedokteran. Katupnya yang mengandung pectine alami dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh, dan mencegah berbagai penyakit pada pembuluh darah.

Gangguan paru-paru karena merokok - Anggur

Dari segi manapun kebiasaan merokok memang hanya berfek negatif bagi kesehatan tubuh. Merokok dalam jangka panjang menyebabkan paru-paru mengumpulkan sejumlah besar racun dalam tubuh dan merusak fungsi paru-paru. Anggur dipercaya sangat efektif untuk mengatasi hal ini. Buah anggur dapat meningkatkan presentase metabolisme sel, membantu sel paru-paru mengeluarkan racun. Selain itu, anggur juga memiliki efek mengeluarkan dahak sekaligus dapat meredakan radang pada saluran paru-paru dan gejala penyakit lainnya karena merokok.

Mencegah kulit keriput - Mangga

Hampir semua orang ingin selalu terlihat awet muda. Semua itu tergantung dari elastisitas collagen kulit. Jika elastisitas collagen kulit tidak mencukupi, maka akan mudah timbul keriput. Mangga adalah buah yang paling baik mencegah kerutan. Sebab mangga kaya dengan karotena-b dan enzim yang tak ada tandingannya, dapat membangkitkan vitalitas sel kulit, mendorong pengeluaran sampah makanan (zat yang tidak berguna), dan bermanfgaat menjaga elastisitas collagen, efektif mengurangi timbulnya kerutan.

Kurangnya pasokan oksigen dalam darah - Buah Ceri

Dalam banyak kasus, mudah merasa lelah berhubungan dengan berkurangnya kandungan besi dalam darah, kurangnya pasokan oksigen dan tidak lancarnya peredaran darah. Dengan mengkonsumsi buah ceri dapat memenuhi zat besi. Kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya bahkan dapat mendorong tubuh menyerap zat besi, mencegah hilangnya zat besi sekaligus memperbaiki peredaran darah, membantu melawan lelah.

Tuhan telah menciptakan alam ini dengan sempurna. Buah-buahan dan sayur-mayur memang disediakan bagi kita untuk mendatangkan manfaat yang besar bagi kesehatan. Jadi, bila masalah kesehatan ringan mengganggu Anda, perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur mayur. Apalagi jika Anda mengkonsumsi buah yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Sumber : erabaru.or.id
Halaman :
1

Ikuti Kami