Selamatkan Bumi dan Hemat Uang

Investment / 18 October 2009

Kalangan Sendiri

Selamatkan Bumi dan Hemat Uang

Puji Astuti Official Writer
3054

Pada tahun-tahun terakhir ini gerakan menyelamatkan bumi dan isu pemanasan global santer diberitakan. Untuk kali ini, ada tips dimana Anda bisa ikut ambil bagian dalam penyelamatan bumi dan juga menghemat uang loh..

1. Kurangan penggunaan energi.

Dampak pencemaran dari penggunaan energi adalah sesuatu yang nyata. Penggunaan minyak bumi sebagai sumber energi pembangkit listrik adalah salah satu contoh nyatanya. Dengan menghemat penggunaan listrik, maka Anda mengurangi polusi dan juga menghemat uang bukan.

2. Kurangi penggunaan bensin.

BBM harganya terus naik karena persediaan yang ada di bumi ini terus menipis. Dengan mengurangi penggunaan bensin, Anda menyediakan warisan energi bagi anak cucu juga. Gunakanlah kendaraan bebas polusi, contohnya sepeda. Atau Anda bisa berjalan kaki untuk mencapai tujuan yang dekat, alih-alih menggunakan motor atau mobil. Akan baik juga jika Anda menggunakan kendaraan umum.

3. Beli dan makan produk lokal.

Makanan yang di impor berarti membutuhkan pengiriman untuk sampai di Indonesia. Artinya kendaraan yang membawanya masuk ke negeri ini menghasilkan polusi. Dengan membeli makanan dan barang produk lokal, Anda menyelamatkan para bisnisman lokal dan juga mengurangi ketergantungan negeri ini pada produsen luar.

4. Beli barang bekas atau menyewanya saja.

Salah satu cara mengurangi sampah adalah membeli barang bekas dari pada membeli yang baru. Proses pembuatannya, termasuk juga pengemasannya menghasilkan banyak limbah. Jika Anda membeli barang bekas, Anda akan mengurangi limbah yang terbuang. Selain itu, bukankah lebih murah membeli barang bekas bukan...?

5. Buat sendiri pembersih yang Anda butuhkan.

Saat ini sabun atau pembersih mengandung banyak bahan kimia berbahaya, selain juga mahal. Dengan belajar membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami, Anda mengurangi racun mengalir dari limbah rumah tangga Anda dan juga mengurangi pengeluran Anda tiap bulannya.

Pada akhirnya, berkontribusi pada lingkungan hidup sekitar Anda bukanlah hal sulit. Anda bisa melakukannya dari hal-hal kecil. Ingatlah, dunia ini adalah warisan bagi anak cucu kita.

Sumber : Personaldividends.com
Halaman :
1

Ikuti Kami