Kondisi Emosi Penderita Kanker

Psikologi / 17 October 2009

Kalangan Sendiri

Kondisi Emosi Penderita Kanker

agnes.faith Official Writer
3791

Plato mengatakan "Tidak ada gunanya mengobati badan tanpa mengobati fikirannya". Hal ini sangatlah benar karena dalam pikiran seorang penderita penyakit berbahaya memang sangat dipenuhi dengan segala kekuatiran yang mendalam akan kondisi kesehatannya.

Keadaan emosional juga menentukan tingkat kekebalan tubuh seseorang. Sikap yang positif dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Berbanding terbalik dengan seseorang yang memiliki sikap negatif, seperti takut dan pasrah. Hal ini tentu saja dapat menurunkan daya kekebalan tubuh seseorang.

Ketakutan terhadap penyakitnya sangat dirasakan oleh penderita. Mereka cenderung takut merepotkan atau bahkan takut menghadapi kematian. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh cara penyampaian dari dokter yang kurang tepat sehingga dapat menambah rasa kuatir akan dampak dari pengobatan. Dukungan secara moral dan kasih sayang sangat diperlukan oleh mereka.

Kanker disebabkan oleh banyak hal. Bisa dari faktor genetika, gaya hidup yang tidak sehat, nutrisi yang kurang baik, dll. Namun penyakit ini dapat dengan cepat muncul bila dipicu oleh stress yang berkepanjangan.

Orang-orang yang berjuang melawan penyakitnya dan dengan adanya dukungan dari orang terdekat akan lebih cepat pulih atau lebih terlihat sehat daripada mereka yang menyerah dan pasrah atau bahkan mengasihani diri sendiri.

Dengan teknik kekuatan dan keinginan seseorang dapat dengan cepat memulihkan keadaannya. Berdoa adalah cara yang paling ampuh untuk membantu kesembuhan. Bila Anda dengan yakin berdoa dan percaya bahwa Anda akan sembuh, maka Anda akan disembuhkan.

Sumber : rumahkanker.com
Halaman :
1

Ikuti Kami