Pierre Omidyar: Milyuner Lelang Tak Sengaja

Entrepreneurship / 16 October 2009

Kalangan Sendiri

Pierre Omidyar: Milyuner Lelang Tak Sengaja

Tammy Official Writer
3788
Pierre Omidyar tak pernah berpikir untuk mendapatkan uang ketika ia membangun lelang online kecil di website pribadinya. Ia hanya menginginkan untuk mendapatkan beberapa poin dengan kekasihnya. Tetapi dalam waktu lima bulan, apa yang dimulai sebagai hobi telah menjadi kerajaan 3 milyar dolar dengan lebih dari 2 juta subscriber, dan Omidyar mendapatkan dirinya menjadi kepala dari salah satu bisnis berbasis website paling popular dan menguntungkan dalam sejarah internet. Dan itu semua diawali dari dispenser permen Pez...

Omidyar lahir di Paris pada 1967, tetapi pindah ke Baltimore ketika ayahnya memulai kediaman medisnya di Johns Hopkins University Medical Center. Seorang remaja yang terlalu cepat matang, ia menjadi tertarik dengan komputer dan sering menyelinap keluar dari kelas pelajaran fisik untuk bermain dengan PC-PC sekolahnya. Daripada menghukum Omidyar karena membolos dari pelajaran, sang kepala sekolah mempekerjakan dia untuk menulis program komputer pencetak kartu-kartu katalog untuk perpustakaan sekolah dengan bayaran 6 dolar per jam. Itu memang tak terlalu banyak, tetapi itu adalah awal dari semuanya.

Kewirausahaannya terbukti lebih menguntungkan ketika beberapa tahun kemudian, selagi berusaha menjadi sarjana ilmu komputer di Universitas Tufts, ia menulis program untuk menolong programmer-programmer Apple Macintosh menangani memori. Ia mendistribusikannya online sebagai "shareware," meminta para pengguna membayar untuk menghargai sistem yang telah tercipta, tetapi beberapa cek yang datang hanya mampu menutup biaya kotak pos yang ia sewa untuk menampung cek yang berdatangan.

Pada tahun 1991, Pierre dan ketiga temannya mendirikan sebuah perusahaan untuk menulis program bagi pasar pen-computing. Ia membangun sebuah situs e-commerce yang disebut eShop pada website perusahaan. Pen computing menjadi salah satu teknologi yang lebih diperhitungkan, tetapi situs eShop terbukti lebih cukup menguntungkan untuk menarik perhatian Microsoft, yang selanjutnya membeli perusahaan tersebut.

Sudah puas membangun berbagai bisnis awal, Omidyar mengambil sebuah pekerjaan sebagai seorang insinyur pengembang untuk pencipta software General Magic pada tahun 1994, dan juga cukup mendapat sedikit uang dengan bisnis sampingan sebagai desainer halaman Web freelance. Di waktu inilah ia bertemu dengan seorang wanita yang selanjutnya menjadi pasangan hidupnya, Pamela Wesley. Seorang kolektor berat dispenser Pez, Pamela komplain karena ia memiliki kesulitan menemukan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan dirinya melalui internet. Berkeinginan untuk mencari jalan keluar Pierre memasukkan sebuah jasa lelang online kecil pada halaman web pribadinya hingga Pamela bisa berkomunikasi, membeli dari dan menjual kepada kolektor-kolektor lainnya dari seluruh Amerika Serikat.

Diluncurkan pada Hari Buruh 1995, bibit situs lelang dimana Pierre memberi namanya menjadi eBay (untuk "electronic Bay," terinspirasi dari San Francisco Bay area) tidak mirip dengan perusahaan yang akan menjadikan Pierre kaya raya. Dahulu, Pierre tidak memberikan garansi apapun mengenai barang-barang yang ditawarkan dan tidak mengambil tanggung-jawab. Ia hanya menawarkan tempat dimana para pengguna bisa pergi online, berinteraksi, dan menawar untuk barang-barang lelang.

Mengejutkan bagi Pierre, para pengkoleksi boneka-boneka Barbie, Beanie Babies dan perkakas rumah bekas ikutan di eBay dengan cepat. Pada Februari, situs itu menjadi popular hingga melebihi akun internet pribadi Pierre. Dengan pertolongan dari temannya dan sesama programmer komputer Jeff Skoll (yang selanjutnya menjadi presiden eBay) Pierre memindahkan eBay ke situs bisnis yang lebih mahal dan untuk menutupi biaya-biaya yang meningkat, mulai mengenakan harga beberapa sen untuk mendaftarkan sebuah item barang dan mengumpulkan komisi kecil jika itu terjual.

Traffic pada situs itu pun terus berlanjut, dan eBay Inc. dengan cepat menjadi menguntungkan. Pierre pun mulai berpikir bahwa ia akhirnya tersandung pada jalan untuk mengubah kegemarannya pada programming komputer menjadi uang. "Petunjuk terbesarnya adalah begitu banyaknya cek yang menumpuk pada pintu saya hingga saya harus menyewa orang paruh waktu menolong untuk membuka semua cek itu," ujarnya pada The New York Times.

Tanpa disadarinya, Pierre telah mengetuk salah satu nadi terkaya dalam dunia online - keinginan orang untuk terhubung dengan orang-orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama dengan mereka. Dan ia dengan cepat menyadari bahwa beberapa ketertarikan akan menghimpun lebih banyak semangat daripada mengkoleksi. "Saya mengira orang-orang dengan sederhana menggunakan jasa tersebut untuk membeli dan menjual barang-barang," ujarnya. "Tetapi apa yang mereka benar-benar nikmati adalah bertemu dengan orang-orang."

Terdorong oleh kesuksesan awal ini, Pierre keluar dari pekerjaan sehari-harinya, dan ia dan Skoll menghabiskan waktu mereka untuk membangun komunitas dan teknologi eBay. Duo ini merasionalisasi bahwa sepanjang sistem tersebut bekerja, komunitas (dan keuntungan-keuntungan) akan berlanjut untuk bertumbuh. Dan memang bertumbuh. Pada pertengahan 1997, eBay menjadi website yang paling banyak dikunjungi di Web, dengan lebih dari 150.000 pengguna menawar pada 794.000 lelang setiap harinya. Para pembelanja eBay menghabiskan hampir 3,5 jam per bulannya di eBay, lebih lama daripada pembelanja rata-rata di situs lainnya.

Pierre OmidyarDengan perusahaan yang berlipat kali ganda setiap tiga bulan, Pierre dan Skoll memutuskan bahwa mereka membutuhkan penyokong venture capital dan tim manajemen yang piawai. Pada Juni 1997, mereka mengambil perencanaan bisnis eBay ke Benchmark Capital dan mendapatkan cek $4,5 juta untuk 22 persen share perusahaan. Benchmark juga menjanjikan untuk mencari seorang CEO untuk menolong menjalankan eBay, memberi nama Margaret Whitham, seorang eksekutif pada perusahaan mainan Hasbro, di posisi puncak.

Whitham dengan cepat mengubah apa yang awalnya sekumpulan penjual-pembeli barang-barang bekas yang ‘mengais-ngais' ruang bawah tanah mereka menjadi mesin perusahaan yang bersih. Ia menciptakan sebuah divisi marketing baru dan menaruh semua lelang senjata dan barang-barang berbau porno ke situs terpisah yang membatasi usia. Dengan energi marketing baru dan pemisahan hal-hal yang kotor tadi, ia membawa eBay menjadi perusahaan publik pada 24 September 1998. Saham eBay pun terus menaik dan menjadikan Pierre Omidyar seorang milyuner instan.

Berawal dari perdagangan dispenser-dispenser Pez yang sederhana, eBay telah menjadi salah satu situs terpanas di Internet dan telah merevolusi e-commerce. Kesuksesannya telah melahirkan lusinan peniru yang berharap untuk menghasilkan uang dalam kerumunan lelang online. Untuk Pierre Omidyar sendiri, ia hanya bisa terkagum dengan pertumbuhan luar biasa dari eBay seperti orang lain. "Saya tidak merancangkan untuk menciptakan bisnis besar di eBay. Ketika itu terjadi, saya hanya mengambil keuntungan dari itu."

Sumber : entrepreneur.com
Halaman :
1

Ikuti Kami