10 ‘Jangan’ Saat Interview

Investment / 16 October 2009

Kalangan Sendiri

10 ‘Jangan’ Saat Interview

Lestari99 Official Writer
4532

Tekanan saat menghadapi wawancara seringkali membuat pelamar melakukan hal-hal aneh, seperti mengajak ibu mereka ikut serta atau mengoceh tentang alasan mengapa mereka harus diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Lalu tibalah saatnya mereka harus menghadapi interview sendirian. Ada orang yang bahkan membawa resume-nya dalam kantong kertas coklat untuk makan siang.

Dawn Fay, manajer layanan staf profesional di RHI mengadakan bahwa sikap-sikap aneh tersebut jelas disebabkan oleh kegugupan.

Meskipun tidak salah bila menyelipkan sedikit lelucon dalam percakapan serius selama interview, namun sangat penting untuk tidak melakukannya dengan berlebihan.

Dawn Fay juga mengatakan sangat penting bagi calon pelamar untuk menyiapkan jawaban dari pertanyaan umum yang sering diajukan, ‘Kenapa kami harus mempekerjakan Anda?'

"Banyak orang yang mengalami stres sebelum interview," ujar Dawn Fay. "Namun Anda harus benar-benar menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang satu itu."

Menurut Accountemps, seorang pelamar harus melihat ‘sisi baik' dari setiap pertanyaan, yang berarti tidak memandang setiap pertanyaan sebagai sebuah hambatan, dan mereka harus mengatakan dengan jelas bagaimana kontribusi mereka bisa menjadi sebuah aset bagi perusahaan.

Mereka juga harus memperlihatkan sikap yang penuh antusias dan di atas segalanya, mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

1. Persiapkan penampilan Anda dengan baik. Penampilan yang asal-asalan akan menenggelamkan Anda dalam kegagalan sebelum Anda mengucapkan sepatah katapun.

2. Terlalu berharap perusahaan menyediakan pekerjaan yang tepat seperti apa yang Anda inginkan. Bicara terlalu banyak tentang pekerjaan yang Anda inginkan hanya akan mempertinggi resiko Anda untuk dieliminasi.

3. Tampak tidak peduli. Anda mungkin tidak menyukai suasana hening ketika ditanyakan apakah Anda memiliki pertanyaan lain. Bicaralah.

4. Miliki resume yang up to date. Tampil terlalu agresif justru akan membuat pewawancara menolak Anda.

5. Anda mungkin ingin membuat pewawancara terkesan dengan Anda. Namun membagikan informasi rahasia tentang masa lalu atau masa kini dari perusaan lama Anda justru akan membuat pewawancara bertanya-tanya apakah Anda dapat dipercaya.

6. Jika Anda diajukan sebuah pertanyaan, "Apa salah satu kelemahan Anda?", pewawancara ingin mendengarkan jawaban langsung dari Anda. Sebutkan salah satu kelemahan Anda yang bukan merupakan hal fatal dan bisa Anda ungkapkan.

7. Jangan hanya menjawab pertanyaan yang sesuai dengan keinginan Anda dan mengabaikan pertanyaan lainnya. Gagal untuk menjawab pertanyaan yang diajukan benar-benar akan mengganggu pewawancara.

8. Sebuah sikap negatif yang Anda tunjukkan di perusahaan lama Anda atau pun dari para rekan kerja Anda akan membuat penilaian Anda turun.

9. Jangan pernah bertanya apa yang dapat perusahaan lakukan bagi Anda. Mengajukan pertanyaan mengenai gaji atau keuntungan yang akan Anda dapatkan sebelum mendapatkan tawaran pekerjaan merupakan hal utama yang harus benar-benar dihindari.

10. Pelamar yang meninggalkan ruangan interview tanpa menggarisbawahi minat mereka yang besar untuk dipekerjakan oleh perusahaan akan cepat dilupakan.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami