Lomba Desain Tugu Peringati Gempa Sumbar

Nasional / 15 October 2009

Kalangan Sendiri

Lomba Desain Tugu Peringati Gempa Sumbar

Tammy Official Writer
2907
Gempa yang mengguncang Sumatera Barat beserta sekitarnya telah menyebabkan ribuan jiwa meninggal dan terluka. Ini merupakan gempa terbesar yang pernah terjadi di Sumatera Barat. Demi memperingatinya, pemerintah daerah setempat akan membangun sebuah tugu peringatan.

Tugu peringatan itu akan diawali dengan perlombaan pembuatan desain satu unit tugu gempa sekaligus nama tugu tersebut. Pemenangnya akan diberi 25 juta rupiah sebagai hadiah.

"Tugu tersebut dibangun sebagai sebuah monumen bersejarah bagi masyarakat Kota Padang. Sebanyak 319 korban gempa yang mati syahid akan ditulis dengan tinta emas di dinding tugu itu," kata Fauzi Bahar, Walikota Padang.

Keberadaan tugu itu akan menjadi kenangan bagi generasi mendatang bahwa di kota itu pernah terjadi gempa dengan guncangan kuat yang akibatkan ratusan korban jiwa. Nama-nama para korban gempa ditulis di tugu tersebut guna mengobati kesedihan para keluarga yang ditinggalkan oleh anak, isteri, suami, atau cucu mereka.

Fauzi menambahkan, "Gempa yang sama pada 200 tahun lalu pernah terjadi dan generasi sekarang tidak bisa mengetahuinya karena catatan sejarahnya tidak ada, kecuali catatan dari pemerintah Kolonial Belanda."

Untuk lokasi pembangunan tugu itu, kata Fauzi, akan dicadangkan tiga lokasi, yakni di depan Hotel Ambacang, tempat terdapat banyak korban gempa, atau di pojok Taman Melati atau di depan masjid Nurul Iman.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami