Cucilah Tangan Sebelum Terkena Penyakit

Serba-Serbi Sehat / 15 October 2009

Kalangan Sendiri

Cucilah Tangan Sebelum Terkena Penyakit

Budhi Marpaung Official Writer
4134

Tepat pada hari ini, seluruh dunia memperingati Hari Cuci Tangan pake Sabun Sedunia. Mungkin diantara Anda yang berpikir mengapa urusan mencuci tangan harus diperingati seluruh dunia? Bukankah mencuci tangan adalah masalah yang sepele saja? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa muncul jika kita tidak mengetahui apa yang terjadi jika kita tidak membersihkan tangan kita dengan sabun.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan pada 2007 lalu dituliskan bahwa mencuci tangan dengan sabun merupakan cara yang sangat sederhana dan tidak banyak mengeluarkan biaya alias murah untuk menahan virus ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) dan pandemi flu. Jadi bisa dipastikan, jika seseorang tidak mencuci bersih tangannya maka penyakit-penyakit itu datang ke dalam tubuhnya.

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia ini yang memiliki kebiasaan cuci tangan pakai sabun yang paling rendah. Oleh karena itu, tidak lah heran penyakit seperti diare banyak menyerang masyarakat di negeri ini. Menurut data yang dimiliki Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Diare merupakan penyebab kematian balita nomor dua.

Oleh sebab itu, selagi masih diberikan kesehatan oleh Tuhan sudah sepatutnya kita menjaga tubuh kita salah satunya dengan mencuci tangan. Sudahkah Anda mencuci tangan dengan sabun hari ini?

Sumber : Kompas,com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami