Perempuan Perlu Kenal Dengan Amenore

Perempuan Perlu Kenal Dengan Amenore

Tammy Official Writer
6502
\"Amenore\"Anda sebagai perempuan perlu berkenalan dengan amenore. Amenore atau amenorrhea adalah absennya siklus menstruasi pada perempuan. Jika menstruasi tidak pernah terjadi maka disebut amenore primer, jika menstruasi pernah terjadi dengan normal tetapi kemudian berhenti selama 6 bulan atau lebih maka disebut amenore sekunder.

Kondisi ini akan normal-normal saja jika Anda belum akil balik, sedang hamil, saat menyusui, atau sedang menopause.

Amenore bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni:
1. Stres yang mengganggu Anda.
2. Terganggunya fungsi kelenjar tiroid dan pituitary.
3. Gangguan fungsi ovarium.
4. Olahraga berat dan berlebih.
5. Berat badan Anda di bawah rata-rata.
6. Penyakit kronik.
7. Anda mengalami ketidakseimbangan hormonal.
8. Disebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti pil kontrasepsi (jika Anda berhenti mengkonsumsi obat ini, siklus menstruasi akan terjadi kembali sekitar tiga hingga enam bulan kemudian).

\"Amenore\"Jika sudah terlanjut terjadi, untuk pengobatannya pun tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah penurunan berat badan yang drastis atau obesitas, penderita dianjurkan untuk menjalani diet yang tepat. Jika penyebabnya adalah olahraga yang berlebihan, penderita dianjurkan untuk menguranginya.

Jika terjadi pada seorang anak perempuan yang belum pernah mengalami menstruasi dan semua hasil pemeriksaan normal, maka perlu dilakukan pemeriksaan setiap 3-6 bulan untuk memantau perkembangan pubertasnya. Untuk merangsang menstruasi bisa diberikan progestron. Untuk merangsang perubahan pubertas pada anak perempuan yang payudaranya belum membesar atau rambut kemaluan dan ketiaknya belum tumbuh, bisa diberikan estrogen.

Jika penyebabnya adalah tumor, maka perlu dilakukan pembedahan untuk mengangkat tumor tersebut.

Sumber : berbagaisumber/Tmy

Ikuti Kami