Kegiatan Berguna Untuk Anak

Parenting / 14 October 2009

Kalangan Sendiri

Kegiatan Berguna Untuk Anak

agnes.faith Official Writer
2636

Bermain adalah hal yang sangat disukai anak-anak. Perhatikan permainan anak Anda dalam mengembangkan kemampuannya berpikir. Contoh permainan yang baik untuk anak adalah permainan yang mengajak anak untuk mampu menyelesaikan suatu permasalahan. Misalnya teka teki silang, catur, atau permainan taktis lainnya.

Setiap anak diberikan bakat dan talentanya masing-masing. Dengan mengetahui hobi dan bakatnya, Anda dapat membiarkan anak Anda memilih apa yang ingin mereka tekuni. Musik salah satunya yang dapat meningkatkan IQ dan performa akademisnya. Selain itu, anak juga dapat memberikan kontribusinya di sekolah atau di gereja sebagai pemain musik.

Kegiatan diluar rumah sangat diperlukan anak untuk perkembangan motoriknya. Anak yang sering berolahraga dan melakukannya secara teratur akan menerima pelajaran lebih mudah daripada yang tidak berolahraga. Dengan syarat tidak boleh terlalu di forsir karena hanya akan membuat anak kecapaian dan tidak ada tenaga untuk belajar.

Pemberian ASI sangat penting bagi perkembangan anak selanjutnya. ASI eksklusif akan memberikan manfaat yang baik untuk anak dibandngkan dengan anak yang hanya mengkonsumsi ASI beberapa bulan saja.

Makanan juga harus diperhatikan. Berikan makanan yang sehat dan bergizi untuk anak Anda. Susu dan sayuran sangat disarankan untuk sang buah hati. Bahkan pemberan es krim yang mengandung banyak susu juga tidak masalah. Namun jangan berikan makanan siap saji yang memiliki nilai lemak trans berlebih. Hal ini akan membuat perkembangan otak anak lambat.

Jangan marah bila anak Anda banyak bertanya tentang segala hal. Dengan hal itu anak akan mendapat banyak informasi yang akan memuaskan rasa ingin tahunya akan segala hal. Jangan sampai anak Anda bertanya pada orang yang salah dan akhirnya mendapatkan informasi yang salah juga.

Cara lainnya adalah dengan mengajarinya membaca. Maka infornasi yang baik dan bermutu dapat ia terima dari buku-buku yang berkualitas. Membacakan dongeng sebelum tidur juga dapat Anda lakukan. Carikan buku yang ia sukai dan berikan pada mereka untuk mereka baca.

Perhatian Anda terhadap anak sangat berpengaruh pada perkembangan psikologisnya. Dengan kehadiran Anda di hari-harinya dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri. Misalnya dalam acara sekolahnya seperti olehraga, drama dan pertemuan orangtua murid dengan guru. Hal ini membuat anak merasa dihargai dan akan memberikan yang terbaik dan membuat Anda bangga akan prestasinya.

Sumber : disadur dari perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami