Miliuner Asal China

Nasional / 14 October 2009

Kalangan Sendiri

Miliuner Asal China

agnes.faith Official Writer
3349

Ternyata China tercatat memiliki 130 miliuner menurut laporan "Hurun Rich List". Walaupun mereka sempat terpuruk dan mengalami masa sukar, namun kini mereka bangkit lagi. Di AS terdapat 359 orang, di Rusia 32 orang dan di India tercatat ada 24 orang yang memegang posisi orang kaya.

Kekayaan orang China naik dengan pesat selama 70 tahun terakhir. Rata-rata kekayaan mereka sebesar 571 dollar AS. Rupert Hoogewerf yang melakukan riset telah mendapatkan penyebab meningkatnya kekayaan orang China. Yaitu tingginya angka urbanisasi yang terjadi.

Dengan hal itu, mereka dapat membangun kota dan mengembangkan property juga produsen baja dan besi. Begitu juga dengan penjualan mobil yang semakin meningkat.

Daftar orang kaya yang tercatat adalah sebagai berikut: Wang Chuanfu, pemimpin perusahaan pembuat baterai dan mobil listrik BYD Co Ltd (5,1 miliar dollar AS);  Zhang Yin, pemilik perusahaan pendaur ulang kertas Nine Dragons Paper; Xu Rongmao dan keluarga, pemilik Shimao Property Holdings Ltd; dan Huang Guangyu, pendiri GOME Electrical Appliances Holdings Ltd dan memiliki bisnis property.

Ada juga nama-nama yang tidak tercatat dalam  daftar tersebut namun yang tidak kalah kayanya misalnya Liu Chuanzhi, pimpinan produsen komputer keempat terbesar di dunia, Lenovo, dan Chen Feng, pendiri Hainan Airlines. Satu nama tenar juga turun, yaitu Yao Ming, pemain NBA asal China.

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami