Tips Melancarkan Metabolisme Tubuh

Fit & Charming / 14 October 2009

Kalangan Sendiri

Tips Melancarkan Metabolisme Tubuh

Lestari99 Official Writer
6589

Memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik tidak terjadi begitu saja. Gaya hidup dan juga pola hidup yang sehat sangat mempengaruhi sistem metabolisme Anda. Berikut beberapa tips untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda:

1. Hiduplah secara aktif. Hidup dengan aktif merupakan cara pasti untuk meningkatkan jumlah otot yang Anda miliki dan pada akhirnya akan memperlancar sistem metabolisme Anda. Untuk hasil yang terbaik, lakukan latihan penggabungan antara aerobik dan resistensi. Jangan lupa untuk tetap aktif dalam kehidupan Anda sehari-hari.

2. Makan dengan porsi kecil tapi sering. Hasil penelitian menunjukkan makan dengan porsi kecil secara teratur setiap hari, bukan hanya sekedar makan besar dua kali sehari, akan membantu metabolisme Anda terus berjalan dengan baik. Tahukah Anda, 10 persen dari kalori yang kita konsumsi setiap hari akan terus mencerna dan menyerap makanan. Jadi, semakin sering Anda makan, semakin baik efek ini bekerja dalam tubuh Anda.

3. Mengkonsumsi makanan yang kaya protein. Penelitian menunjukkan bahwa 25 persen dari kalori yang terdapat pada makanan yang kaya protein dapat dibakar oleh tubuh. Tapi pastikan Anda memilih makanan protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan produk-produk susu rendah lemak.

4. Mengkonsumsi makanan pedas. Ini bukan hanya sekedar mitos dari nenek-nenek tua. Makanan pedas seperti cabe diperkirakan dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen sampai 3 jam setelah makan, karena meningkatkan detak jantung Anda. Tapi sebelum Anda menyantap makanan pedas yang tersedia, cari tahu bumbu pedas seperti apa yang memiliki kandungan rendah lemak dan kalori.

5. Tukar secangkir kopi yang Anda minum setiap hari dengan green tea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green tea mengandung antioksidan yang dapat mempercepat metabolisme.

6. Udara dingin. Penelitian menunjukkan bahwa tinggal di udara yang sangat dingin dapat meningkatkan metabolisme hingga 20 persen.

7. Menikmati sauna. Menikmati sauna selama beberapa saat juga dapat meningkatkan metabolisme sampai 20 persen. Tapi Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan Anda sebelum masuk ke dalam sauna atau kamar uap. Jangan sampai penyakit Anda kambuh ketika sedang menikmai sauna.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami