Usia Emas Hasilkan Uang

Investment / 14 October 2009

Kalangan Sendiri

Usia Emas Hasilkan Uang

Puji Astuti Official Writer
3303

Jika Anda berumur 20an hingga 30an tahun, Anda masuk generasi Y, suatu generasi yang sebagian besar mengalami masalah keuangan yang serius. Banyak dari generasi ini hidup dengan uang yang pas-pasan bulan demi bulan, bahkan sekalipun penghasilannya terbilang cukup besar.

Banyak dari para pekerja dan professional diantara umur 20-30 an kesulitan untuk membayar asuransi kesehatannya, bahkan beberapa perusahaan tidak menyediakan rencana pensiun bagi orang-orang ini. Masalah keamanan secara keuangan menjadi sesuatu topik yang penting.

Berapapun penghasilan Anda, besar kecilnya bukanlah masalahnya. Anda masih bisa mengendalikan keadaan sekecil apapun penghasilan Anda setiap bulannya, asalkan Anda tahu cara mempergunakan uang tersebut dengan sebaik mungkin. Tip-tip berikut pasti bisa membantu Anda:

1. Hati-hatilah dengan hutang.

Hutang dapat menghancurkan hidup Anda ketika sudah menjadi tidak terkendali. Hutang juga membatasi karir Anda, menutup banyak peluang dan sering menimbulkan ketegangan dalam hubungan pribadi.

Banyak orang yang berada dalam usia 20-30 an tahun menyadari bahwa mereka hidup dalam sebuah generasi yang menyedot keuangan mereka. Gaya hidup, tempat tinggal, kendaraan, bahkan untuk menunjang karir mereka harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Untuk mengatasinya, jangan sampai Anda lepas kendali ketika memegang kartu kredit. Batasi pengeluaran yang tidak perlu dan carilah pendapatan tambahan.

2. Menabung.

Orang Indonesia tidak terbiasa memiliki tabungan guna keperluan darurat seperti ketika tiba-tiba dikenakan PHK. Pada hal, pada saat seperti inilah tabungan sangat diperlukan, apa lagi jika sudah menikah atau pun sekalipun masih single merupakan tulang punggung keluarga.

3. Menilai karir

Diri Anda adalah aset terbesar yang Anda miliki dalam hidup ini. Pikirkan baik-baik, bagaimana dan dengan cara apa Anda ingin memperoleh penghasilan seumur hidup Anda.

Ketika Anda berganti profesi, pikirkan untuk membuat rekening pensiun.

4. Pikirkan untuk melanjutkan studi

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, diri Anda adalah aset terpenting Anda, maka pendidikan adalah investasi Anda. Jika Anda kuliah dan berhenti di tengah jalan, lanjutkan kuliah Anda.

Atau bahkan Anda ingin meningkatkan jenjang pendidikan Anda? Tentu sangat baik. Ambilah kuliah malam, kuliah jarak jauh ataupun e-learning.

Umur 20-30 an tahun bisa dikatakan umur produktif manusia. Di usia ini Anda bisa mengembangkan diri Anda semaksimal mungkin. Dengan hidup produktif dan tentunya bijaksana dalam mengatur keuangan maka pasti kesulitan keuangan seperti apapun dapat diatasi.

Sumber : Fox News
Halaman :
1

Ikuti Kami