Transbatavia Dikejar Hutang

Nasional / 13 October 2009

Kalangan Sendiri

Transbatavia Dikejar Hutang

Budhi Marpaung Official Writer
3312

Operator Bus Transjakarta yang mengelola koridor II dan III, Transbatavia telah menunggak kewajibannya selama empat bulan kepada Petros selaku pemasok bahan bakar gas kendaraan yang dikelola pemerintah DKI tersebut.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Wakil Gubernur DKI, Prijanto setelah bertemu dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Energi di Jakarta, Selasa (13/10).

Dalam keterangan yang dia berikan, pasangan Gubernur DKI Fauzi Bowo itu mengemukakan bahwa Badan Layanan Umum sebenarnya telah membayarkan setiap tagihan BBG kepada Transbatavia, namun mengapa uang yang pihaknya kasih belum dibayar kepada pemasok, dia sendiri tidak tahu.

Pada saat dikonfirmasi mengenai hal ini, pihak Transbatavia dalam hal ini Direktur Utamanya, Mamat Surahmat menyatakan bahwa masih ada sisa uang yang belum dibayarkan pihak BLU. Hal ini menurutnya terjadi karena perbedaan persepsi tentang pembayaran. Pihak BLU menggunakan harga perjanjian awal, sebesar RP 2.060 LSP (Liter Setara dengan Premium), sedangkan pihaknya membayar menggunakan perjanjian harga sesuai keputusan Menteri ESDM, yakni sebesar Rp 2.562 LSP.

Sampai saat ini, kedua pihak yakni BLU dengan Transbatavia masih keukeuh dengan pendirian mereka masing-masing. Pihak BLU merasa sudah membayar sesuai dengan apa yang telah disepakati, tetapi Transbatavia selaku operator melihat ada perbedaan harga yang besar dan harus ditanggung oleh pihak BLU.

Bus Transjakarta yang kehadirannya masih belum lama di tengah masyarakat DKI Jakarta terus menerus dilanda permasalahan tiap tahunnya, mulai dari ketidakprofesionalan dalam mengatur armada bus, pelayanan yang masih banyak kekurangan, dan kini hutang yang penyelesaiannya masih belum jelas. Banyak harapan sebenarnya ketika Transjakarta benar-benar diwujudkan, tetapi sepertinya kita harus menunggu melihat bus umum itu benar-benar seperti yang diharapkan. Semoga waktu itu benar-benar datang!

Sumber : VIVAnews/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami