Aduh, Jakarta Kota Terburuk Ke-3 Polusinya

Nasional / 13 October 2009

Kalangan Sendiri

Aduh, Jakarta Kota Terburuk Ke-3 Polusinya

Tammy Official Writer
2978
Semakin maju peradaban, ternyata memiliki berbanding terbalik dari kemajuannya yakni rusaknya alam. Untunglah manusia modern masa sekarang menyadarinya, sehingga tak jarang kita mendengar mengenai gerakan lingkungan hidup di tengah masyarakat.

Sayangnya, kota Jakarta sebagai kota metropolitan dan ibukota dari Negara kita ini memang memiliki beban yang berlebih. Padatnya jumlah penduduk, ditambah dengan dengan padatnya kendaraan pribadi serta transportasi umum menjadikan Jakarta sebagai kota terburuk polusinya dari seluruh Negara di dunia setelah Meksiko dan Thailand.

Menurut Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Ahmad Haryadi, "Lingkungan hidup menjadi permasalahan serius di Jakarta. Bahkan buruknya kualitas lingkungan menempatkan Jakarta sebagai kota terburuk ketiga dunia.

Ia melanjutkan bahwa lingkungan yang bersih adalah harga mati yang harus segera diciptakan agar predikat Jakarta sebagai kota terkotor di dunia hilang.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, Peni Susanti mengatakan demi terciptanya lingkungan yang bersih, masyarakat akan diajak menyukseskan program "one man one tree one biopori," yakni program mengajak warga menanam satu pohon di pekarangan rumahnya dan membuat lubang biopori untuk mengurangi dampak banjir.

Pada saat ini Jakarta baru memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekitar 9 persen, padahal idealnya suatu kota adalah 30 persen. Dengan RTH ini sangat diperlukan untuk menyerap polutan demi peningkatan kualitas udara.

Polusi JakartaJakarta memang terasa memiliki beban polusi yang begitu berat. Perlu kerjasama pemerintah daerahnya dengan warganya untuk bersama-sama menjaga penghijauan di kota ini. Mungkin bisa mempelajari dari kota-kota metropolitan lainnya yang meskipun mengalami beban sebagai ibukota tetapi tetap mengutamakan penghijauan di kota tersebut seperti taman Central Park di kota New York yang tak hanya berfungsi sebagai taman hijau tetapi area santai keluarga dan olahraga.

Sumber : antara.co.id/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami