Lebih Sehat Dengan Kunyah Permen Karet

Solusi Sehat / 13 October 2009

Kalangan Sendiri

Lebih Sehat Dengan Kunyah Permen Karet

Tammy Official Writer
4371
\"BubbleDi saat senggang atau sambil fokus mengerjakan sesuatu, jika Anda hobi mengunyah permen karet, jangan kira itu hanya kegiatan kecil sematan. Ternyata aktifitas tersebut dapat memberikan kegunaan besar bagi kesehatan tubuh Anda. Tidak percaya? Ini dia bukti-bukti manfaatnya:

Membersihkan kotoran gigi
Dengan mengunyah permen karet secara teratur dapat membantu mengangkat dan membersihkan kotoran yang tersisa di gigi. Apalagi jika permen karet tersebut adalah permen karet bebas gula yang juga dapat melindungi gigi dari kerusakan. Selain itu, mengunyah permen karet dapat menggantikan kegiatan menyikat gigi setelah makan karena saat mengunyah permen karet mulut akan menghasilkan air liur yang dapat menetralkan asam dan mencegah pengeroposan gigi di atas 40%.

Mengurangi rasa kantuk
Dengan mengunyah dapat melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga bermanfaat meningkatkan kinerja yang berkaitan dengan konsentrasi, kewaspadaan, dan perhatian. Jadi kunyahlah permen karet ketika Anda mengemudi dan merasa mengantuk.

Meningkatkan daya ingat
Ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di University of Northumbria dan Cognitive Research Unit (Reading) di Inggris, bahwa dengan mengunyah permen karet, kemampuan untuk mengingat kata-kata dapat ditingkatkan sampai 35 persen. Penjelasan ilmiahnya adalah dengan mengunyah akan meningkatkan detak jantung yang mengakibatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dipompa ke otak. Hingga pada akhirnya proses ini akan merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat Anda.

Mengurangi ketegangan
\"BubblePermen karet dapat mengurangi ketegangan ketika Anda harus berhadapan dengan sesuatu yang mendesak ataupun darurat. Faktanya, semenjak Perang Dunia I permen karet juga disediakan untuk tentara AS yang sedang bertugas hingga saat ini. Selain itu, ketika sedang berlatih ataupun bertanding para atlet juga terlihat selalu mengunyah permen karet.

Melangsingkan tubuh
Mungkinkah mengunyah permen karet dapat melangsingkan tubuh? Ternyata mungkin saja. Mereka yang mengkonsumsi permen karet setelah makan akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori saat jam makan berikutnya. Sebatang permen karet hanya mengandung 5-10 kalori, dan mengunyahnya selama satu jam dapat membakar 10 kalori.

Itulah dia sebagian manfaat kesehatan dari mengkonsumsi permen karet. Tetapi, tak berarti hanya dengan mengkonsumsi permen karet, maka otomatis tubuh menjadi sehat dan bebas depresi. Yang terutama, tetaplah dengan pola hidup sehat, pengaturan makan, olahraga, dan menjauhi stress merupakan kunci sehat hidup Anda.

Sumber : hanyawanita.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami