Teknologi Flash Untuk Smartphone

Entertainment / 13 October 2009

Kalangan Sendiri

Teknologi Flash Untuk Smartphone

Tammy Official Writer
2777
\"FlashMasa sekarang, untuk mengakses internet melalui handphone ataupun smartphone sudah menjadi hal yang lumrah. Tak hanya data konten tulisan yang diakses tetapi juga video. Sayangnya, masih sedikit atau bisa dibilang jarang sekali video-video tersebut bisa ditonton melalui smartphone dikarenakan player Flash yang belum terintegrasi di handphone.

Perangkat lunak Flash digunakan oleh sekitar 75% video internet dan menjadi teknologi utama dalam menyokong situs video seperti You Tube. Saat ini, sebagian besar handphone dan netbook, atau notebook menggunakan program yang ‘lebih ringan' karena terbatasnya kecepatan dalam pemrosesan penayangan video.

Flash merupakan salah satu perangkat lunak yang paling banyak diinstal di komputer. Menurut Adobe, sebanyak 98% PC dan 75% situs video internet menggunakan Flash. Tetapi versi penuh belum tersedia untuk handphone. Para pengguna handphone hanya bisa menggunakan Flash Lite, yang merupakan versi ringan karena tidak membutuhkan memori maupun prosesor berkapasitas tinggi. Flash Lite saat ini digunakan oleh sekitar 40% telepon genggam dan akan tetap tersedia untuk telepon genggam yang terbatas kemampuannya. Sementara itu, Flash 10.1 sedang dikembangkan karena permintaan internet lewat telepon yang meningkat pesat.

Hanya Apple yang belum mau terlibat
Dengan dukungan dari 50 perusahaan, seperti Nokia dan Google, maka Adobe sebagai vendor dari Flash akan bisa mengembangkan satu platform saja. Perangkat lunak ini juga mendukung video kualitas tinggi dan bisa digunakan dengan sistem touch-screen.

Hanya saja, belum ada kepastian apakah perangkat lunak tersebut akan tersedia untuk iPhone Apple. Saat ini pada Safari, browser dari Apple pada iPhone, tidak mendukung teknologi plug-in, seperti Flash, walau ada harapan mungkin Apple tak punya banyak pilihan sejalan dengan momentum yang sedang semakin berkembang ini.

Kita tunggu saja... Jika selama ini kita tak memungkinkan untuk menonton video-video Youtube melalui smartphone kita, setidaknya di tahun depan hal itu bisa terealisasikan.

Sumber : rileks.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami