Penyakit Pasca Gempa

Nasional / 12 October 2009

Kalangan Sendiri

Penyakit Pasca Gempa

agnes.faith Official Writer
3340

Gempa di Padang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Reruntuhan bangunan pasca gempa bumi ini ternyata bisa membuat orang menderita suatu penyakit yang biasa disebut leptospirosis. Penyakit ini biasanya ditularkan melalui kencing tikus. Reruntuhan ini adalah salah satu tempat tikus tinggal. Jadi korban harus lebih waspada.

Penyakit ini biasa menyerang setelah bencana alam seperti gempa atau banjir. Maka dari itu para korban seharusnya langsung membersihkan puing-puing rumahnya dab disarankan untuk selalu menggunakan alas kaki. Alas kaki dapat menghindari Anda terkena paku atau benda tajam yang dapat menyebabkan luka.

Mungkin untuk yang ingin memberi bantuan dapat menyertakan alas kaki seperti sepatu boot dan sarung tangan untuk mencegah terkenanya tetanus akibat kotoran tikus.

Tentu saja hal ini sangat diwajibkan untuk para sukarelawan yang selalu berada di lokasi untuk mengevakuasi korban yang meninggal dan juga membersihkan puing-puing bangunan. Jangan sampai derita Anda bertambah karena sudah terkena bencana gempa lalu terkena penyakit mematikan juga.

Sumber : kompas.com/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami