Asyik, 2010 Jakarta Akan Punya Jalur Sepeda

Nasional / 12 October 2009

Kalangan Sendiri

Asyik, 2010 Jakarta Akan Punya Jalur Sepeda

Tammy Official Writer
2594
Jakarta memang sudah terlampau padat. Dengan penduduk yang begitu banyak ditambah lagi penggunaan mobil yang begitu padat, menjadikan Jakarta penuh dengan polusi. Bagi Anda yang merasakan suasana ini terasa begitu tak menyenangkan dan menyadari perlu adanya perubahan dari kota ini, ada kabar gembira bagi Anda. Kabarnya di tahun 2010 mendatang, Jakarta akan memiliki jalur sepedanya sendiri.

Ini tentu adalah kemajuan yang sangat baik mengingat perlunya kesadaran mengurangi polusi dan penghijauan lebih lagi. Selain itu mengurangi polusi suara di kota Jakarta yang juga dapat meningkatkan stress.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Riza Hasyim telah meresmikan tempat parkir sepeda baru yang berada di FX Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Tempat parkir sepeda itu akan bernama Smart Parking Rack yang terbuat dari stainless black pipe yang berdiameter 3 inci yang sanggup menampung 22 sepeda. Konsep parkir sepeda ini dipilih oleh 521 anggota Bike to Work (B2W) Indonesia karena dinilai sangat praktis dan mudah untuk segala jenis dan ukuran sepeda. Selain itu, tempat parkir ini juga memudahkan sepeda berdiri tanpa menggunakan standar sepeda (kick stand).

Riza mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan masterplan dan desain jalur sepeda yang akan membantu Pemprov DKI mengurai kemacetan di Jakarta. Sarannya agar para pengembang real estate agar membuat jalur sepeda di kawasan yang mereka bangun. Selain itu, di halte-halte busway juga akan dibangun tempat parkir sepeda agar pengguna sepeda bisa melanjutkan perjalanannya dengan bus Trans Jakarta.

Mudah-mudahan saja rencana ini tidak menjadi rencana semata, tetapi juga dapat terealisasikan demi kehidupan kota metropolitan yang lebih baik.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami