Wisata Sumbar Pasca Gempa

Nasional / 11 October 2009

Kalangan Sendiri

Wisata Sumbar Pasca Gempa

Tammy Official Writer
3211
Meski peristiwa gempa 7,6 SR pada Rabu (30/9) lalu meluluhlantakkan infrastruktur di Padang, namun masih banyak daerah tujuan wisata lain Sumbar yang tidak terkena gempa. Seperti daerah tujuan wisata unggulan di Bukittinggi, Tanah Datar, Pasaman, dan Mentawai tidak terkena gempa dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Meskipun sebagian wilayahnya luluh-lantak, tetapi Pemda Sumbar bertekad keras untuk memulihkan kembali pariwisata Sumbar. Pencitraan pariwisata pasca-peristiwa gempa akan menjadi prioritas dalam upaya memulihkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Sumatera Barat (Sumbar) dalam waktu dekat ini.

Salah satu asal wisatawan Sumbar terbesar berasal dari Malaysia. Menurut Menteri Pertahanan Malaysia, Dato Seri Ahmad Zahid bin Hamidi, warga Malaysia tetap menjadikan Sumbar sebagai satu tujuan wisata utama bagi warganya karena hubungan kekerabatan yang dekat dan serumpun. Selain itu, sejumlah objek wisata di Kota Padang dan Bukittinggi sangat digemari warga Malaysia untuk berwisata.

Wartawan asal Malaysia yang ikut bersama rombongan Menteri Pertahanan Malaysia demi menyalurkan bantuan juga sempat menanyakan soal jalan dan juga objek wisata di daerah ini apakah rusak atau tidak akibat gempa itu. Para wartawan Malaysia mengemukakan bahwa pada November dan Desember banyak warga Malaysia yang merencanakan liburan ke Sumatra Barat.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi, menyatakan kondisi objek wisata tidak terlalu banyak yang rusak akibat musibah gempa itu. Kota Bukittinggi sebagai satu lokasi tujuan utama wisatawan tidak terkena gempa bumi itu dan siap menerima kunjungan wisatawan.

Ya, meskipun bencana seakan menurunkan semangat warga Sumatera Barat, tetapi kiranya Tuhan juga memberikan kekuatan bagi mereka yang mengalami duka agar masyarakat Sumatera Barat dapat bangkit bersama memulihkan daerah mereka.

Sumber : antara.co.id/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami