Sahabat Sejatikah Anda?

Single / 11 October 2009

Kalangan Sendiri

Sahabat Sejatikah Anda?

Tammy Official Writer
3670
Sahabat merupakan orang-orang yang sangat penting dalam hidup kita. Kita perlu berteman dengan banyak orang, tetapi orang-orang yang menjadi sahabat kita perlu kita pilih dengan teliti. Mengapa demikian? Jawabannya adalah: pergaulan atau persahabatan akan membentuk diri kita.
 
Diri kita sadar atau tidak sadar dipengaruhi oleh sahabat-sahabat kita. Kita juga mempengaruhi sahabat-sahabat kita. Permasalahannya adalah pengaruh mana yang lebih kuat? Kalau kita memberi pengaruh positif dan sahabat kita juga begitu, tentu itu tidak menjadi persoalan. Bagaimana kalau sahabat kita memberi pengaruh negatif dan kita terpengaruh? Oleh karena itu, berhikmatlah dalam memilih sahabat-sahabat kita.
 
Berikut ini merupakan sejumlah kriteria orang-orang yang bisa kita jadikan sahabat:
1. Sahabat sejati adalah orang-orang yang mengasihi kita setiap waktu, bukan hanya saat kita senang, kaya, sehat, dan sukses; tetapi juga saat kita sedih, miskin, sakit, dan bangkrut.
Menaruh kasih setiap waktu bukan berarti harus selalu manis dan berbaik-baik pada kita. Tidak! Menaruh kasih setiap waktu juga berarti menegur, mengingatkan, dan bahkan kalau perlu ‘mengguncang-guncang' kita jika kita salah.
 
2. Sahabat sejati menerima apa adanya. Seperti Tuhan Yesus yang menerima semua orang, termasuk pemungut cukai dan orang-orang berdosa, apa adanya.
Orang-orang yang kita terima sebagai sahabat pasti memiliki banyak kelemahan juga. Di situlah kita perlu dapat menerima apa adanya. Menerima kelebihan teman mungkin adalah hal yang mudah, tetapi menerima kelemahannya? Diperlukan kasih yang besar!
 
3. Sahabat sejati dapat dipercaya. Persahabatan yang dalam akan menyebabkan kita membagi diri kita pada sahabat-sahabat kita. Membagi diri maksudnya adalah membuka diri kita untuk dikenali oleh sahabat kita: kelebihan, kelemahan, bahkan hal-hal terburuk yang ada di dalam diri kita.
Karena kita membagi diri kita pada sahabat-sahabat kita, sangat penting untuk memilih orang-orang yang dapat dipercaya. Berhikmatlah dalam memilih sahabat.
 
\"Sahabat4. Sahabat sejati mempercayai sahabatnya. Selalu ada setidaknya dua sisi dalam mata uang logam. Begitu pula dalam persahabatan. Bila di satu sisi kita dapat dipercaya, tetapi sahabat kita tidak mempercayai kita, persahabatan itu tidak akan jalan. Begitu juga sebaliknya. Diperlukan kedua sisi.
 
5. Sahabat sejati melakukan kebenaran.
Bagaimana bila sahabat Anda ternyata tidak memiliki kriteria 1-5 tadi? Coba periksa apakah dia memiliki kriteria-kriteria di bawah ini? Jika ternyata sahabat kita tidak memiliki kriteria 1-5 tadi dan memiliki kriteria-kriteria di bawah ini, berarti sesungguhnya, Anda telah salah memilih sahabat.
 
Jika sahabat Anda tidak memiliki kriteria 1-5 yang telah disebutkan sebelumnya tetapi juga tidak memiliki kriteria-kriteria di bawah ini, Anda masih bisa menjadi sahabatnya. Namun dengan catatan Anda harus menjadi orang yang mempengaruhi secara positif dirinya, dan bukan sebaliknya.
 
Sahabat sejati yang ideal seharusnya memiliki kriteria-kriteria yang telah disebutkan tadi dan tidak memiliki kriteria-kriteria yang akan disebutkan berikut ini:
1. Orang-orang yang tidak tahu berterima kasih, bahkan membalas kebaikan dengan kejahatan.
2. Orang-orang yang mendekati Anda hanya karena kekayaan atau manfaat yang dapat diambilnya dari Anda. Saat kekayaan atau manfaat yang dapat diambilnya dari Anda tidak ada lagi, demikian pula dirinya.
3. Orang-orang yang curang dan suka memfitnah. Demi kedamaian hidup Anda, jauhi saja orang-orang seperti ini sebagai sahabat!
4. Orang-orang yang menjadi musuh Allah. Di sini yang saya maksud bukan berarti Anda hanya boleh bersahabat dengan saudara seiman. Bukan, sama sekali bukan itu! Anda boleh bersahabat dengan saudara yang tidak seiman, namun tentu saja yang tidak memusuhi Allah.
Bila Anda memiliki sahabat yang tidak seiman, justru di situlah panggilan Anda untuk menjadi terang bagi-Nya, menjadi orang yang mempengaruhi secara positif.
5. Orang-orang yang mendatangkan kecelakaan. Bukan berarti Anda harus menghindari setiap permasalahan yang dihadapi oleh sahabat Anda. Jangan salah mengerti! Sebagai seorang sahabat yang baik, kita tentu saja harus membantu sahabat kita.
Tetapi memang ada sejumlah orang yang kecenderungannya adalah mencari-cari permasalahan, membawa itu kepada Anda, dan menyeret Anda ke dalamnya. Nah, sekali lagi demi kedamaian hidup Anda, hindarilah orang-orang seperti ini sebagai sahabat!
6. Orang-orang yang akan membujuk dan membuat Anda berpaling pada allah yang lain. Ini benar-benar perlu Anda hindari sebagai sahabat.

Bedakan dengan jelas sahabat-sahabat Anda dengan orang-orang yang mau Anda jangkau! Dengan orang-orang yang mau Anda jangkau, jelas Anda tidak boleh dan tidak dapat memilih-milih. Semua orang perlu Anda jangkau. Selamat bersahabat!
Sumber : Archangela
Halaman :
1

Ikuti Kami