Kesehatan Jiwa Sebagai Prioritas Global

Nasional / 10 October 2009

Kalangan Sendiri

Kesehatan Jiwa Sebagai Prioritas Global

Tammy Official Writer
2570
Permasalahan dunia tampaknya semakin berat saja. Setelah tumbangnya perekonomian dunia, banyak pula permasalahan alam yang menimpa kemanusiaan. Banyak orang yang menderita secara fisik, tetapi banyak juga orang yang tanpa disadarinya jiwanya sudah letih atau bahkan sakit.

Itulah yang disadari oleh para pelaku kesehatan dengan mengadakan kampanye kesadaran global, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKSJ) 2009, untuk melanjutkan keinginan menjadikan kesehatan jiwa sebagai prioritas global.

Menurut Dr HM Aminullah, SpKJ, MM, Direktur Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa Depkes RI, kegiatan itu dimaksudkan sebagai upaya promosi kesehatan jiwa untuk memberikan gambaran paradigma baru kesehatan jiwa pada masyarakat luas secara langsung.

Sementara itu, Yeni Rosa Damayanti sebagai Ketua Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) mengatakan masalah kesehatan jiwa dimulai dari yang ringan hingga berat, seperti depresi hingga skizofrenia adalah masalah media yang dapat diobati dan disembuhkan, bukan karena hal-hal magis seperti guna-guna.

Prevalensi masalah kesehatan jiwa sampai saat ini sudah cukup tinggi, WHO menyatakan bahwa 25 persen dari penduduk dunia pernah menderita masalah kesehatan jiwa, satu persennya adalah gangguan jiwa berat. Menurut Yeni, dengan pengobatan dan dukungan yang baik, bahkan orang dengan gangguan jiwa berat bisa diobati dan hidup normal serta produktif.

Sebenarnya jawaban dari kejiwaan kita dapat ditemukan dalam Pencipta kita sendiri. Mungkin di masa sekarang, banyak permasalahan berat hingga mengakibatkan jiwa kita begitu lelahnya hingga depresi. Tetapi seperti Firman Tuhan katakan bahwa hati yang gembira adalah obat. Kita dapat menggantikan jiwa kita yang letih ini dengan sukacita yang dapat ditemukan hanya di dalam Tuhan.

Sumber : antara.co.id/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami