Tahun Ini, Indonesia Bayar Utang Terbesar

Nasional / 9 October 2009

Kalangan Sendiri

Tahun Ini, Indonesia Bayar Utang Terbesar

Tammy Official Writer
2472
Sudah diketahui bahwa Indonesia memiliki banyak hutang demi pembangunannya. Bahkan, dahulu pernah dihitung bahwa dari total hutang yang ada, jika setiap warganya membayar 10 juta rupiah barulah hutang Indonesia akan terlunasi.

Ada sedikit kabar gembira mengenai pembayaran hutang Indonesia. Tahun ini, pemerintah Indonesia akan membayar utang senilai Rp 127,607 triliun. Jumlah ini merupakan pembayaran utang terbesar sejak tahun 2004. Pembayaran utang ini akan membuat rasio utang terhadap produk domestik bruto turun ke level 30 persen.

Menurut Rahmat Waluyanto, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan, "Pembayaran utang tahun ini meningkat dibanding 2008 dan merupakan yang tertinggi dari tahun-tahun sebelumnya."

Rahmat menjelaskan, pembayaran utang tahun 2009 adalah untuk utang jatuh tempo dan pembelian kembali Surat Berharga Negara (SBN) sebanyak Rp 45,583 triliun. Pembayaran cicilan pokok pinjaman luar negeri Rp 69,032 triliun. Penerusan pinjaman utang Rp 12,992 triliun.

Dibutuhkan kerja keras dan koordinasi bersama antara pemerintah dengan rakyat Indonesia agar bersama-sama dapat melakukan pembayaran hutang bangsa. Bersama-sama menghargai pembangunan bangsa dan melakukan kewajiban terlebih dahulu seperti pembayaran pajak, dan barulah hak masing-masing.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami