Menghadapi Si Pengendali

Career / 9 October 2009

Kalangan Sendiri

Menghadapi Si Pengendali

agnes.faith Official Writer
2166

Ada saat-saat dimana langkah terbaik Anda adalah menyingkir dari si pengendali. Ada beberapa langkah yang mungkin Anda lakukan untuk mengantisipasi tindakan ini. bisa dengan menyingkir, mengabaikan atau tidak menanggapi.

Dengan bertindak jujur, Anda sedang berusaha menyelesaikan masalahnya. Prnsip-prinsip yang sama yang Anda gunakan untuk menyelesaikan konflik adalah sebagai berikut:

Berbicaralah secara langsung dan pribadi kepada orang tersebut. Jangan menganggap si pengendali mengetahui apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Jika ada yang mengetahuinya, anggaplah bahwa ia hanya mengetahui sangat sedikit dan ini adalah pertama kalinya Anda menghadapi masalah seperti ini.

Jujurlah dalam pernyataan dan pertanyaan Anda. Ubahlah pertanyaan Anda menjadi pernyataan. Seringkali dalam sebuah konflik seseorang merasa diinterogasi secara terus-menerus.

Berpusatlah pada perubahan-perubahan yang diinginkan atau yang positif. Jangan berpusat pada kesalahan atau apa yang ingin Anda hindari. Hal ini menolong orang lain menyadari apa yang akan menyenangkan dan menolong Anda. Percaya atau tidak, secara psikologis adalah lebih mudah memulai kelakuan yang baru daripada menghentikan kelakuan yang lama. Jangan meminta maaf atas perasaan atau kebutuhan Anda.

Buatlah lebih banyak pernyataan "Aku" daripada pernyataan "Kamu" dan bagikanlah perasaan Anda sekarang. Bukan pikiran atau perasaan Anda di masa lalu. Pilihlah waktu yang tepat. Jadilah bijak bila ingin mengemukakan pendapat atau bertindak.

Tentukan masalahnya. Bagaimana Anda menentukan masalah dan bagaimana si pengendali menentukannya? Anda bisa menyarankan supaya Anda berdua berhenti berbicara dan mencatat apa yang ingin Anda selesaikan.

Tentukan hal-hal yang disetujui dan yang tidak disetujui dalam konflik tersebut. Jelaskan terlebih dahulu kepada si pengendali apa yang telah Anda berdua sepakati dan kemudian bertanyalah kepadanya apa yang tidak disetujuinya dengan Anda. Tuliskanlah hal-hal yang disetujui dan yang tidak di kertas untuk menolong menjernihkan keadaan.

Menunjukkan kontribusi Anda sendiri dalam permasalahan tersebut. Beberapa konflik dimulai dari satu pihak, tetapi sebagian besar melibatkan kontribusi dari kedua belah pihak. Jika Anda mau ikut bertanggung jawab untuk suatu masalah, orang lain akan melihat kesediaan Anda untuk bekerjasama san mungkin akan lebih terbuka untuk berdiskusi.

Sumber : Communication @ work - H. Norman Wright
Halaman :
1

Ikuti Kami