Tidak Ada Lagi Kebiasaan Buruk

Investment / 9 October 2009

Kalangan Sendiri

Tidak Ada Lagi Kebiasaan Buruk

agnes.faith Official Writer
2419

Saat ini permasalahan yang biasa terjadi dalam keuangan keluarga adalah mebuat dan menggunakan uang. Banyak keluarga yang memiliki penghasilan yang besar tetapi tidak pandai dalam mengaturnya. Mereka cenderung menggunakan melewati batas. Mereka menggunakan waktu lebih banyak untuk mengatur pengeluaran liburan daripada perencanaan keuangan keluarga.

Keluarga yang gali lubang tutup lubang akan mengalami masa sulit dalam menghadapi peningkatan tagihan setiap bulannya. Credit card semakin berjaya untuk pembayaran. Dari hal-hal besar hingga hal kecil yang sebenarnya tidak perlu menggunakan kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit yang tidak perlu misalnya pembelian makanan, bahan bakar untuk kendaraan, obat-obatan, dan hal lainnya. Beberapa orang juga cenderung mengesampingkan uang darurat dan uang tabungan.

Dengan budaya kartu kredit ini, orang-orang semakin terjebak dalam suatu lingkaran kredit yang jelas bukan strategi yang baik. Anda harus menghadapi setiap fakta yang ada. Anda harus mengetahui berapa banyak hutang Anda. Buatlah daftar yang berisi siapa saja yang menjadi kreditor Anda, batas pembayaran setiap bulannya, dan total hutang yang harus Anda bayarkan.

Kalkulasikan pendapatan perbulan Anda dan tetap atur pengeluaran Anda dengan bijaksana. Cari tahu bagaimana Anda dapat menambah pandapatan Anda, bagaimana memotong pengeluaran yang tidak perlu dan mengutamakan hal-hal yang benar-benar penting.

Bila perlu, Anda kumpulkan semua anggota keluarga dan buat keputusan dalam pembuatan rencana keuangan. Setiap anggota keluarga harus sepakat untuk membuat keputusan ini.

Bila Anda tidak bisa menentukan dan merencanakan keuangan Anda dengan baik, mungkin Anda bisa menyewa konselor untuk hal ini. tapi dengan syarat Anda harus komitmen untuk melakukannya.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami