Bahasa Indonesia Dipelajari 40 Negara

Nasional / 7 October 2009

Kalangan Sendiri

Bahasa Indonesia Dipelajari 40 Negara

Tammy Official Writer
2686
Sedikitnya 40 negara di dunia telah mempelajari Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing pada sektor pendidikan, mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.
 
Bukti ketertarikan Negara asing mempelajari bahasa Indonesia dapat dilihat pada Oktober 2004 lalu pernah digelarnya konferensi internasional pengajaran Bahasa Indonesia untuk pengajar asing yang dilaksanakan di Universitas Hasanuddin (Unhas).
 
Menurut Dr. Aspar Rahman, salah seorang guru besar Fakultas Sastra Unhas, dengan semakin banyaknya pihak yang mempelajari bahasa ibu pertiwi, hal ini menunjukkan bahwa bahasa yang lahir dari Sumpah Pemuda tersebut memiliki potensi untuk sejajar dengan bahasa lainnya sebagai bahasa asing di dunia. "Melalui Bahasa Indonesia, masyarakat dunia dapat mengenal lebih dekat budaya dan bangsa Indonesia," katanya.
 
"Dengan mengajarkan Bahasa Indonesia bagi pihak asing, maka dapat menghubungkan pemahaman lintas budaya melalui pengajaran yang dikembangkan di luar negeri," tambahnya.
 
Saat ini negara yang paling intens mengembangkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing di sekolah, di antaranya Jepang, Malaysia, Singapura dan Australia.
 
Bangsa asing pun berlomba untuk mempelajari bahasa ibu kita, sudah seharusnya kita bangga untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari kita karena itu menunjukkan jati diri bangsa kita.
Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami