Paramedis Inggris Lebih Takut Aturan Daripada Tolong Korban?

Paramedis Inggris Lebih Takut Aturan Daripada Tolong Korban?

Budhi Marpaung Official Writer
2225

Paramedis Inggris kembali mendapat sorotan media di negaranya, bukan karena jasa karena menolong korban yang nyawanya sedang terancam, tetapi karena ketakutan mereka yang lebih besar terhadap peraturan.

Seperti yang dilansir surat kabar The Sun Rabu (7/10) ini, satu regu petugas medis membiarkan seorang pria yang sedang mengalami kecelakaan jetski terbaring dalam air setinggi mata kaki. Saat sang korban meminta bantuan, bukannya memberikan pertolongan, tetapi mereka saling melihat dan memberikan tanda penolakan. Sang korban pun akhirnya naik sendiri ke tandu paramedis.  

Menurut keterangan manajer tempat terjadinya kecelakaan tersebut, para petugas kesehatan melakukan hal itu dikarenakan adanya peraturan yang melarang perawat merawat korban sebelum pemadam kebakaran datang terlebih dahulu. Bila melanggar, maka dinas Kesehatan dan Keamanan akan memberikan sanksi  kepada yang melanggarnya.

Tentu menyedihkan melihat peristiwa seperti ini disaat korban sedang membutuhkan pertolongan, petugas paramedis disana tidak memberikan pertolongan apa-apa. Satu sisi, perbuatan mereka bisa dimaklumi karena menaati peraturan, tetapi di sisi yang lain membiarkan orang terluka parah tanpa bantuan juga merupakan tindakan yang tidak bijak.

Sumber : inilah.com/bm

Ikuti Kami