Parah, 900 Ribu Sarjana Menganggur

Nasional / 7 October 2009

Kalangan Sendiri

Parah, 900 Ribu Sarjana Menganggur

Lestari99 Official Writer
2751

Sampai saat ini anggapan pendidikan tinggi menjamin masa depan terus dipegang oleh banyak orang. Tak heran, banyak orangtua yang selalu berusaha menyekolahkan anaknya meskipun kondisi perekonomian mereka sebenarnya kurang memungkinkan. Hal ini tentu saja bukan suatu hal yang salah.

Lalu apa yang salah ketika survei yang dilakukan Bank Mandiri menunjukkan hasil yang sangat mengejutkan. 900.000 lulusan sarjana dari berbagai Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia masih berstatus menganggur dan tidak memiliki pekerjaan yang tetap.

Tiak ada yang salah dengan gelar akademis. Tidak ada yang salah dengan mengecap pendidikan sampai Perguruan Tinggi. Tapi sepertinya pemerintah masih memiliki PR yang harus mereka pikirkan dan selesaikan, kemana para lulusan Perguruan Tinggi ini akan disalurkan agar dapat menjalani hidup dengan produktif sesuai dengan bidang yang mereka ambil.

Direktur Utama Bank Mandiri, Agus Mastowardojo bahkan mengatakan seharusnya setiap Perguruan Tinggi memiliki mata kuliah Kewirausahaan. Dengan demikian, para lulusan sarjana ini tidak harus bingung karena tidak tahu harus bekerja di mana, namun mereka dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu kewirausahaan muda mandiri dan membangun usahanya sendiri.

Hal ini tentu saja dapat mendatangkan hal yang positif, karena pada akhirnya para lulusan ini tidak hanya memiliki penghasilan melalui usaha mereka, namun mereka juga dapat menciptakan lapangan kerja baru dengan kemampuan yang mereka miliki. Semoga saja hal ini menjadi perhatian pemerintah terutama Departemen Pendidikan dalam masa pemerintahan baru mendatang.

Sumber : vivanews / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami