Pangaturan Orangtua Terhadap Hubungan Anaknya

Psikologi / 7 October 2009

Kalangan Sendiri

Pangaturan Orangtua Terhadap Hubungan Anaknya

agnes.faith Official Writer
3765

Orangtua mempunyai tanggungjawab besar terhadap anak-anaknya. Perkembangan anak mulai dari kecil sampai dewasa masih menjadi kewajiban orangtua. Bila Anda adalah seorang orangtua yang memiliki seorang anak remaja dan anak Anda sudah mulai mengenal cinta, maka Anda harus ekstra hati-hati.

Menurut penelitian, orangtua yang memiliki hubungan dengan pasangannya dulu di masa pacaran dan tidak mendapatkan pasangan yang tidak sesuai harapannya, akan mengatur anaknya dengan sangat ketat mengenai hal ini.

Mereka akan cenderung mengekang anaknya dalam pencarian jodoh dan penerimaan calon menantu mereka. Bila pada masa lalu orangtua mengalami hal yang tidak baik, tidak bahagia dan tidak puas, maka orangtua akan meningkatkan pengawasan terhadap gaya berpacaran dari anaknya.

Orangtua juga akan cenderung mengatur apa yang harus anaknya lakukan terhadap pasangan mereka. Hal ini dapat membuat anak-anak menjadi tidak nyaman dengan hubungannya karena terlalu banyaknya campur tangan dari orangtua. Sebenarnya orangtua hanya ingin supaya anak-anaknya tidak mengalami hal yang sama dengan dirinya dulu. Mereka hanya ingin yang terbaik untuk anak-anaknya.

Namun terkadang cara yang mereka gunakan sudah tidak dapat lagi diterapkan pada masa sekarang. Jadi anak-anak cenderung untuk memberontak pada orangtuanya. Berikan sedikit kebebasan dan hargai setiap pendapat anak.

Sumber : persepsi
Halaman :
1

Ikuti Kami