Bantuan Tak Kunjung Datang, Penjarahan pun Terjadi

Nasional / 6 October 2009

Kalangan Sendiri

Bantuan Tak Kunjung Datang, Penjarahan pun Terjadi

Puji Astuti Official Writer
2603
Bencana belum juga tertangani di Sumatera Barat, namun masalah baru sudah datang. Kali ini masalah terjadi dalam pendistribusian bantuan, dimana terjadi beberapa kali tindak penjarahan terhadap bantuan. Beralasan karena lambannya aparat dalam mendistribusikan bantuan, beberapa oknum melakukan penjarahan. Bahkan ada yang menjarah dengan membawa kendaraan beroda empat.

Puluhan warga saat itu mendatangi posko Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Mereka merangsak masuk ke gudang bantuan dan menjarah makanan serta minuman mineral yang ada disana. Akibatnya bantuan yang sudah dibagi-bagi untuk beberapa desa lenyap dalam sekejab.

Selain tindakan menjarah posko, truk yang membawa bantuan pun tidak jarang dihentikan di tengah jalan dan dijarah. Bahkan, demi menyelamatkan bantuan beberapa supir truk melaju kencang dan menabrak apa saja yang menghalangi jalannya hingga menemukan pos aparat yang bisa mengawal mereka.

Pihak Sarkorlak Penanggulangan Bencana Sumbar meminta aparat kepolisian agar menindak tegas oknum-oknum yang melakukan penjarahan. Hal ini penting agar bantuan bisa didistribusikan dengan baik.

Sungguh kenyataan yang sangat menyedihkan, saat kondisi sulit seperti itu ada oknum-oknum yang begitu tega melakukan sesuatu yang tercela seperti penjarahan ini. Namun hal ini juga menjadi sebuah cermin bagi aparat tentang lambatnya pendistribusian bantuan. Bagaimanapun, jika perut kelaparan orang bisa melakukan apa saja demi bisa mendapatkan sesuap nasi.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami