Makanan Cerdas Bagi Imunitas Anda

Solusi Sehat / 6 October 2009

Kalangan Sendiri

Makanan Cerdas Bagi Imunitas Anda

Tammy Official Writer
5198
Makanan Bagi ImunitasBerhati-hatilah mengkonsumsi makanan terutama di waktu musim penyakit seperti sekarang ini. Menurut para ahli ada beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda:

1. Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin yang efektif melawan infeksi dan bakteri. Sebuah studi juga menunjukkan orang yang rutin mengonsumsi bawang putih risikonya 30 persen lebih rendah terkena kanker usus besar. Apabila tak mungkin memakan langsung bawang putih dikarenakan dapat menyebabkan bau mulut, Anda bisa memilih bawang putih dalam bentuk suplemen, acar atau dalam bentuk segar.

2. Yoghurt
Minuman susu ‘basi' ini mengandung probiotik atau bakteri baik yang menghasilkan antibiotik alami yang membantu keutuhan mukosa usus, proses metabolisme, serta juga meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

3. Ikan
Hasil laut seperti kerang, lobster, kepiting, atau ikan-ikanan mengandung selenium yang akan membantu sel darah putih memproduksi protein sitokin yang akan mengusir virus flu keluar dari tubuh. Ikan salmon, makarel, atau ikan laut dalam lainnya kaya akan Omega-3 yang berfungsi meningkatkan sirkulasi, mengurangi inflamasi dan melindungi paru-paru dari infeksi.

4. Oatmeal
Oatmeal atau sering juga dikenal dengan nama Havermut ini dapat meningkatkan antibodi tubuh serta mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, oatmeal mengandung beta-glucan, jenis serat yang berperan sebagai antimikroba dan antioksidan.

Teh Hijau5.Teh
Seperti diketahui, teh terutama teh hijau memiliki anti-oksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Terutama bagi Anda yang berada di kota besar yang sering mengalami polusi tentunya sangat memerlukan anti-oksidan. Orang yang minum 5 cangkir teh hitam setiap hari selama dua minggu diketahui memiliki interferon 10 kali lebih tinggi dalam darahnya dibanding orang yang tidak minum teh. Interferon adalah pelawan virus. Selain itu, teh juga mengandung asam amino L-theanin, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Theanin ini ditemukan pada teh hijau atau teh hitam.

Itulah dia panganan sehat yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas Anda di tengah musim penyakit seperti sekarang ini. Mudah-mudahan bermanfaat!

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami