Siapkan Budget Untuk Bersenang-senang!

Investment / 6 October 2009

Kalangan Sendiri

Siapkan Budget Untuk Bersenang-senang!

Tammy Official Writer
2863
Sebagai seorang yang ingin bisa mencapai impian Anda, tentunya dibutuhkan kedisiplinan. Dalam hal keuangan, tak perlu terlalu ngoyo dalam memenuhi target tabungan, bila Anda sendiri pun ternyata merasa terbebani dengan kewajiban menabung. Menabung memang sangat diperlukan untuk masa depan, tetapi kesenangan pribadi pun juga tak boleh diabaikan. Karena terkadang kesenangan pribadi dapat memotivasi kita untuk bertekun dalam kedisiplinan kita. Asal jangan berlebihan porsinya.
 
Anda sendiri pasti memiliki segudang rencana saat menerima penghasilan bulanan dari hasil kerja Anda, bukankah begitu? Tetapi Anda memerlukan keseimbangan antara menabung dan bersenang-senang agar Anda bisa mendapatkan keduanya. Berikut ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk mencapai keseimbangan itu:
 
Buatlah perencanaan
Terutama wanita, jika disuruh untuk membuat daftar belanjaan, pasti seakan memiliki energi besar untuk menyusunnya alias semangat sekali. Tapi, jangan kelewat batas. Ingat budget Anda! Intinya dalam membuat perencanaan, letakkan kebutuhan yang menjadi prioritas untuk bulan ini.
 
Buatlah kalkulasi dari perencanaan Anda
Nah, setelah Anda membuat sederet daftar perencanaan, saatnya Anda membuat perkiraan biaya yang akan Anda keluarkan dari perencanaan. Tak harus pas dengan kenyataan harganya, tetapi setidaknya mendekati total real-nya. Dari situ Anda bisa mencek ulang, apakah pengeluaran Anda dalam bulan ini termasuk yang ‘lebih besar pasak daripada tiang' atau masih terbilang wajar-wajar saja.
Jika ternyata melebihi penghasilan Anda pada bulan tersebut, lebih baik untuk segera pangkas yang tidak perlu. Jika ada barang yang masih bisa ditunda hingga bulan depan lagi, lebih baik untuk tidak dipaksakan untuk dibeli di bulan ini.
 
Intinya pastikan semuany dapat ter-cover dengan baik dari penghasilan Anda, mulai dari kewajiban menabung, kebutuhan sehari-hari (yakni ongkos, biaya makan, etc) dan untuk having fun, dimana artinya semuanya sudah beres dan Anda pun hanya tinggal mem-postingnya ke tempat pos-pos penyimpanan Anda (bank dan dompet)
 
Budget Untuk Bersenang-senangBaiklah, sekarang waktunya untuk bersenang-senang!
Ya, ini waktunya untuk bersenang-senang dengan bertanggung-jawab. Pastinya setelah Anda membuat perhitungan dan tak ada kemungkinan defisit untuk finansial Anda pada bulan tersebut, berarti Anda siap untuk menikmati hasil jerih payah Anda selama satu bulan. Entah itu hang out dengan teman-teman Anda, nongkrong di kafe favorit, atau hal-hal lain yang membuat Anda merasa bahagia dengan hidup Anda.
 
Tapi tetaplah perlakukan uang Anda dengan bijak dan bertanggung-jawab. Janganlah hambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tak penting.
 
Buatlah evaluasi
Evaluasi dalam setiap aspek hidup kita termasuk sangat penting. Apalagi menyangkut dengan finansial, pasti ada hitung-hitungannya. Dari evaluasi ini akan ketahuan apakah Anda termasuk seseorang yang hemat atau justru sebaliknya, super boros dalam mengelola keuangan sendiri. Maka itu, buatlah evaluasi dari apa yang sudah Anda lakukan, ini sangat diperlukan sebagai tolok ukur Anda dalam menyikapi segala sesuatunya yang sudah terjadi, agar kedepannya Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
 
Itu dia tips bagaimana Anda bisa bersenang-senang dengan bertanggung-jawab atas budget Anda sendiri. Intinya, itu semua kembali ke pengendalian diri Anda untuk mengendalikan keuangan Anda pribadi. Selamat bersenang-senang!
Sumber : hanyawanita.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami