Yogyakarta Adakan Wisata Batik

Nasional / 5 October 2009

Kalangan Sendiri

Yogyakarta Adakan Wisata Batik

Tammy Official Writer
2500
Semarak berbatik-ria pada 2 Oktober kemarin rasanya sudah menjadi ajang mendarah-daging bagi bangsa Indonesia layaknya peringatan HUT Kemerdekaan RI. Karena memang dengan disahkannya Batik sebagai warisan budaya bangsa oleh UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009 lalu seakan mengesahkan identitas batik sebagai bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta yang selama ini juga memiliki tempat produksi batik seperti Kampung Taman di Kecamatan Kraton berniat untuk lebih mengembangkan lagi wisata batik pada 2010 mendatang. "Kami tahun depan akan mengembangkan wisata yang berhubungan batik, misalnya di berbagai kampung batik dijadikan tempat belajar cara membatik," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yulia Rustiyaningsih

Ia juga berharap agar wisatawan yang tertarik untuk mengenal lebih jauh seni batik tidak hanya berasal dari mancanegara, tetapi juga wisatawan nusantara.

Ya, meskipun wisatawan nusantara sendiri tertarik dengan batik, terutama di masa sekarang ini setelah disahkannya batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, kebanyakan tertarik untuk membeli dan memakai batik. Tetapi masih ada yang belum tertarik untuk belajar membuat batik. Padahal masih diperlukan re-generasi perajin batik. Yuk, siapkan generasi mendatang untuk lebih menghargai budaya bangsa.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami