Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lestari99

Official Writer
6086


Sungguh naas nasib patung Budha peninggalan masa Kerajaan Majapahit ini. Pertama kali ditemukan oleh Dul Ahmad, warga Desa Candi Burung, Kecamatan Proppo, Pamekasan Madura, Jawa Timur, melalui wangsit yang diterimanya dalam mimpi, namun akhirnya patung tersebut hilang tak berbekas. Padahal dua buah patung Budha tersebut bisa jadi merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga.

Semenjak ditemukan, warga desa Candi Burung memang terpecah menjadi dua. Ada yang ingin agar patung tersebut dipindahkan karena dikuatirkan penduduk akan beralih keyakinan karena penemuan patung tersebut didapat melalui mimpi, namun warga lainnya menolak karena menganggap patung tersebut ada di bekas bangunan candi yang bisa jadi merupakan peninggalan sejarah yang berharga.

Sejarawan Pamekasan, Sulaiman Sadik menyatakan, wilayah Kabupaten Pamekasan memang pernah berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit sebelum Islam masuk ke Madura. Desa Candi Burung sendiri tercatat dalam sejarah termasuk sebagai pusat pengembangan agama Hindu di Pamekasan, sehingga tak heran bila di wilayah tersebut terdapat situs candi.

Uniknya, nama Desa Candi Burung ternyata berasal dari pembangunan candi yang gagal dibangun tersebut. "Burung" merupakan istilah bahasa madura yang berarti gagal. Gagalnya pembangunan candi di Desa Candi Burung tersebut karena pada saat yang bersamaan ajaran agama Islam juga mulai menyebar luas di Pamekasan yang juga berpusat di wilayah Kecamatan Proppo, yakni di Desa Jambringin.

Sayang sekali, kurangnya penghargaan masyarakat sekitar akan peninggalan sejarah bangsanya justru membuat penemuan patung itu tak mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya bagi barang-barang berharga peninggalan sejarah masa lalu. Tak heran jika akhirnya kedua patung Budha peninggalan Kerajaan Majapahit itupun hilang tak berbekas. Tak jelas apakah patung tersebut dihancurkan atau dikomersialkan oleh orang yang hanya mencari keuntungan. Sungguh disayangkan.

Sumber : antaranews / LEP


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer

Tresia 23 February 2020 - 10:00:21

Shalom.. saya ingin menanyakan info rehab Kristen .. more..

0 Answer

Yehezkiel 23 February 2020 - 00:16:02

Bebas dari pornografi

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7262

Banner Mitra Februari 2020 (3)