Makanan Lezat Menipu Otak

Serba-Serbi Sehat / 3 October 2009

Kalangan Sendiri

Makanan Lezat Menipu Otak

Lestari99 Official Writer
3573

Sebagian besar orang susah untuk berhenti makan ketika sedang berhadapan dengan makanan lezat. Ternyata hal ini dapat dijelaskan secara medis. Berdasarkan studi yang dimuat oleh The Journal Of Clinical Investigation edisi bulan September 2009 menjelaskan penyebab dari hal ini.

Ketika Anda sedang menyantap makanan lezat dan berlemak, saat itu molekul-moleku dari beberapa jenis lemak mengalir ke otak dan membuat otak berkata kepada tubuh, "Belum waktunya berhenti makan."

Profesor asisten pengobatan internal di University of Texas Southwestern, AS, Deborah Clegg mengatakan bahwa kimia otak seseorang bisa berubah dalam waktu singkat. Ketika Anda menyantap makanan tinggi lemak, maka otak Anda akan ‘diserang;' oleh asam lemak dan Anda pun menjadi kebal terhadap insulin dan leptin.

Insulin dan leptin merupakan senyawa kimia yang memerintahkan tubuh kapan waktunya bagi Anda untuk berhenti makan. Satu hal yang disayangkan, penelitian ini baru dilakukan pada tikus dan belum melibatkan manusia sebagai subyek penelitiannya.

Tapi paling tidak Anda harus mewaspadai hal ini. Ketika Anda harus berhadapan dengan makanan berlemak tinggi, jangan biarkan otak Anda tertipu sehingga Anda tak dapat mengendalikan diri dan mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Sumber : mediaindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami