Jangan Takut Konsumsi Makanan Protein Hewani

Gizi & Nutrisi / 3 October 2009

Kalangan Sendiri

Jangan Takut Konsumsi Makanan Protein Hewani

Budhi Marpaung Official Writer
4729

Sewaktu masih di sekolah dasar, guru selalu mengajarkan mengenai pentingnya mengonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi tersebut diringkas menjadi sebuah pola makanan, yakni 4 Sehat 5 Sempurna, yakni Karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan terakhir adalah susu.

Satu dan lainnya sebenarnya tidak dapat dipisahkan karena semuanya itu merupakan asupan yang penting bagi tubuh manusia. Jadi, salah besar jika ada seseorang yang menghilangkan salah satu dari pola makanan bergizi.

Untuk artikel kali ini, saya akan membahas mengenai makanan yang mengandung zat protein, lebih spesifiknya lagi mengenai protein hewani.

Harus diakui, tidak semua orang saat ini mau mengonsumsi makanan protein hewani seperti daging, telor dan ikan karena takut akan kolestrol atau asam lemak jenuh di badan atau pun terkena alergi. Tetapi, tahukah Anda ketakutan seperti ini akan membuat salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh akhirnya tidak terpenuhi?

Salah satu cara bagaimana Anda tetap sehat, tetapi juga dapat mengonsumsi daging, telor, dan ikan adalah dengan melakukan keseimbangan. Oleh karena itu, Anda harus dapat memilah-milah makanan apa yang tidak boleh untuk dimakan dan yang boleh. Seperti jeroan yang terdapat pada daging; makanan ini disarankan untuk tidak dikonsumsi karena di dalamnya terdapat sisa-sisa zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Sedangkan bagian protein hewani yang disarankan dikonsumsi adalah daging utama (untuk daging dan ikan), otot (untuk daging), dan tulang (untuk daging).

Jadi, bagi Anda yang saat ini masih belum atau pun jarang mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani, mulailah makan. Tidak perlu takut akan dampak kesehatan yang diterima jika Anda memang mau memakan makanan yang mengandung protein hewani itu. Ingatlah, keseimbangan yang diperlukan disini.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami