Gawat, 24 Pulau Indonesia Hilang!

Nasional / 2 October 2009

Kalangan Sendiri

Gawat, 24 Pulau Indonesia Hilang!

Tammy Official Writer
3213
Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi mengatakan bahwa telah ada sejumlah 24 pulau kecil di Indonesia telah lenyap, baik dikarenakan kejadian alam maupun ulah manusia. Tapi ternyata itu belum seberapa, yang lebih mengkhawatirkan lagi, 2.000 pulau lain di negeri ini juga terancam tenggelam akibat dampak pemanasan global.

Pulau-pulau yang telah hilang itu antara lain pulau Gosong Sinjai di NAD akibat tsunami, pulau Mioswekel di Papua yang diakibatkan abrasi, dan pulah Lereh di Kepulauan Riau yang diakibatkan penambangan pasar. Untuk ke depannya, pemanasan global menjadi ancaman paling konkret dan berbahaya bagi pulau-pulau lain. Menurut analisis bersama dari Departemen Kelautan Perikanan RI dan PBB, diperkirakan pada tahun 2030, sekitar 2.000 pulau kecil di Indonesia akan lenyap. Daftar pulau yang akan lenyap itu sendiri sudah diketahui tapi belum bisa diungkapkan.

Dalam kuliah umum yang diberikan Freddy Numberi di Universitas Widyatama (Utama) Bandung, Jumat (2/10) dikatakan, "Bandara Soekarno-Hatta pun akan tenggelam jika tidak ada upaya serius mengurangi laju pemanasan global. Percaya sama saya, adik-adik sekalian kalau masih hidup di masa itu suatu hari akan mengingat omongan saya ini."

Selama ini memang masih banyak perkara yang masih tak bisa ditangani oleh manusia seperti peristiwa alam ini. Manusia bisa bertindak untuk mencegahnya jika manusia tahu mengenai kebenaran alam ini dan bertindak untuk mencegahnya. Tetapi ketahuilah, peristiwa alam sendiri merupakan pekerjaan tangan Tuhan. Pulau-pulau yang akan lenyap sendiri sudah dinubuatkan dalam kitab Wahyu mengenai akhir zaman. Apabila kita bercermin pada Firman Tuhan yakni Alkitab, kita akan menemukan bahwa ini semua adalah peristiwa alam mengenai akhir zaman.

Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami