Anak-anak Di Solo Diajarkan Mengenai Batik

Nasional / 2 October 2009

Kalangan Sendiri

Anak-anak Di Solo Diajarkan Mengenai Batik

Budhi Marpaung Official Writer
2369

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Rakhmat Sutomo menyatakan batik akan dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran wajib di kotanya mulai tahun ajaran baru mendatang.

Hal ini menurut Rakhmat adalah sebagai respon atas dikukuhkannya batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada hari ini, 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Oleh karena itu, sebagai persiapan, pihaknya sedang merekrut tenaga pengajar batik yang akan diambil sebagai guru di tiap-tiap sekolah.

Batik merupakan salah satu hasil kebudayaan yang berasal dari Indonesia. Namun, beberapa waktu lalu klaim terhadap hasil kebudayaan, kesenian dan wilayah Indonesia sempat memanaskan hubungan antara dua negara serumpun, Indonesia-Malaysia.

Untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata mendaftarkan kebudayaan dan kesenian Indonesia ke UNESCO. Hasilnya pun tidak sia-sia.

Lembaga internasional PBB tersebut beberapa waktu lalu menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia. Dan sebagai ucapan syukur atas hal ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memakai Batik pada saat pengukuhan tanggal 2 Oktober 2009 (hari ini, red).

Sungguh bangga melihat apresiasi yang ditunjukkan rakyat Indonesia yang begitu besar. Semoga ini menjadi momentum kebangkitan kebudayaan dan kesenian nasional negeri ini.

Sumber : inilah.com/detik.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami