Indonesia Akan Dukung Nuklir Iran

Nasional / 1 October 2009

Kalangan Sendiri

Indonesia Akan Dukung Nuklir Iran

Tammy Official Writer
2557
Iran yang telah berhasil menguji coba reaktor nuklirnya yang bisa menjangkau wilayah Israel memang masih menimbulkan pro dan kontra. Ketika di Universitas Harvard memberikan kuliah umum, Presiden SBY ditanya oleh salah seorang mahasiswanya mengenai reaksi Indonesia atas nuklir Iran.
 
"Sebagai penandatangan perjanjian internasional perlucutan dan pengurangan senjata nuklir, Indonesia tidak akan pernah mendukung pengembangan nuklir untuk senjata, tetapi Indonesia menghargai Iran untuk mengembangkan nuklir dalam rangka ilmu pengetahuan dan perdamaian," urai SBY.
 
Iran sendiri sebagai salah satu Negara yang telah menanda-tangani traktat nonproliferasi nuklir (Non-Proliferation Treaty/NPT) membantah proyek nuklirnya bertujuan untuk pembuatan senjata nuklir.
Pada pembukaan KTT G-20 di Pittsburgh, AS yang baru saja berakhir, Iran dikecam oleh Presiden AS, PM Inggris, dan Presiden Perancis perihal pembangunan fasilitas pengaya uranium yang dibangun Teheran di dekat kota suci Syiah, Qom.
 
Dalam pernyataannya, SBY menegaskan Indonesia meminta Iran bekerja sama dan transparan terhadap IAEA. "Kami meminta Iran transparan. Berikan informasi mengenai reaktor-reaktor nuklirnya, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan," tegas SBY.
 
Dunia ini sudah mengalami banyak perang. Seharusnya peradaban di masa sekarang dapat melihat dari sejarah bahwa perang tidaklah menyelesaikan masalah. Mudah-mudahan Iran sebagai Negara berdaulat di Timur Tengah dapat menjaga janjinya untuk bersama-sama menjaga perdamaian dunia.
Sumber : okezone.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami