Akhirnya Ketemu Vaksin Pencegah Infeksi HIV/AIDS?

Akhirnya Ketemu Vaksin Pencegah Infeksi HIV/AIDS?

Budhi Marpaung Official Writer
4136

Belum lama ini, sebuah vaksin baru untuk mencegah infeksi HIV/AIDS ditemukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat. Vaksin itu merupakan gabungan dari dua vaksin sebelumnya yang telah telah dinyatakan gagal, yakni ALVAC (buatan perusahaan Perancis, Sanofi-Aventis) dan AIDSVAC (buatan perusahaan Amerika Serikat, Vaxgen Inc).

Vaksin ini telah diuji kepada 16.000 sukarelawan yang diambil dari Thailand dan hasilnya lebih dari 31 persen memperlihatkan tanda-tanda semakin kecilnya risiko penularan HIV tertular dalam tubuh mereka.

Walaupun begitu, hasil penelitian yang disponsori oleh Angkatan Darat AS dan National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) AS itu ternyata belum lah dikatakan benar-benar berhasil. Menurut Dr Anthony Fauci selaku pimpinan institut NIAID, bahwa hasil positif yang ditunjukkan oleh Vaksin temuannya dan kawan-kawan masih memerlukan uji coba kembali. Sebagai informasi, vaksin ini baru diujikan kepada varian HIV yang ada di Thailand. Untuk varian HIV yang ada di negara lain, masih belum diketahui keberhasilannya.

Penemuan ini hendaknya diapresiasi dengan baik karena vaksin tersebut memberikan sebuah harapan baru bagi masyarakat dunia yang saat ini begitu takut dengan penyakit HIV/AIDS. Satu jalan telah terbuka, namun apakah ada jalan-jalan terbuka lainnya? Hanya waktu saja yang dapat menjawabnya.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami