Gempa Dahsyat Picu Tsunami Di Samoa, Amerika

Nasional / 30 September 2009

Kalangan Sendiri

Gempa Dahsyat Picu Tsunami Di Samoa, Amerika

Lestari99 Official Writer
3477

Bumi sepertinya sedang tidak stabil akhir-akhir ini. Gempa bumi yang dirasakan selama sebulan terakhir ini di beberapa wilayah di Indonesia juga dialami oleh negara-negara di belahan bumi lain. Bahkan sebuah gempa besar berkekuatan 8-8,3 skala Richter menghantam lepas pantai lautan Samoa, Amerika pada hari Selasa (29/9) waktu setempat dan sejauh ini dilaporkan sudah menelan korban 100 orang tewas dan diperkirakan akan terus bertambah.

Guncangan gempa tersebut telah mengakibatkan gelombang tsunami dan menghantam wilayah di pinggiran Samudra Pasifik tersebut. Empat gelombang tsunami setinggi 4,5 hingga 6 meter yang mencapai wilayah daratan berlangsung setelah terjadi gempa. Terjangan tsunami mencapai hingga 1,5 kilometer wilayah daratan. Titik pusat gempa berasal dari 20 mil di bawah dasar laut, 190 kilometer dari Samoa. Wilayah ini dihuni oleh 65.000 jiwa penduduk.

Beberapa laporan terus masuk ke beberapa stasiun radio maupun situs-situs lokal di wilayah Samoa dari para anggota masyarakat yang terkena musibah tersebut. Saat ini ratusan orang masih berada di daerah dataran tinggi. Selain korban tewas, dilaporkan banyak rumah yang rusak dan mobil yang terbawa arus gelombang yang cukup deras. Beberapa pekerja di fasilitas National Park Service tidak diketahui nasibnya. Sekolah-sekolahpun ditutup sepanjang hari ini.

Gelombang tinggi laut dilaporkan menghantam daerah pantai Fagaloa dan Siumu di sisi Timur pulau Upolu dan di sepanjang sisi Selatan pulau tersebut. Peringatan tsunami terus diserukan meminta warga untuk pergi ke dataran tinggi. Mengingat apa yang terjadi ketika tsunami besar terjadi di tahun 2004, 23.000 orang terenggut nyawanya dari 11 negara termasuk Indonesia, semoga saja dampak yang ditimbulkan oleh tsunami kali ini tidak separah waktu itu.

Sumber : berbagai Sumber / LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami