Thomas Hoebbel, Sukses Karena Berekspansi

Entrepreneurship / 30 September 2009

Kalangan Sendiri

Thomas Hoebbel, Sukses Karena Berekspansi

Budhi Marpaung Official Writer
3854

Menjalani bisnis di tengah situasi ekonomi yang tidak memungkinkan bukanlah pilihan setiap investor atau pun pengusaha, namun terkadang hal ini harus dijalani. Begitu lah yang harus dialami oleh Thomas Hoebbel, pemilik usaha fotografi Thomas Hoebbel Photography untuk menjadikan bisnisnya tetap bertahan dan tetap berada di jalur kesuksesan.

Hoebbel yang dikenal di Amerika Serikat sebagai fotografer profesional harus berpikir keras ketika krisis global melanda. Salah satu dampak yang dirasakannya ketika itu ialah ia harus kehilangan banyak pelanggan yang menjadi relasi bisnisnya selama ini. Sebagai manusia, kekuatiran tentu saja hinggap dalam hidupnya, "apakah ia dapat mempertahankan usahanya selama ini?"

Dalam usaha menemukan jawaban kepastian bisnis yang dijalaninya, ternyata itu lah yang membawanya berpikir untuk mencoba sesuatu yang beda; yang belum pernah dilakukannya selama ini dan ia menemukannya. Ia mengambil keputusan untuk mengeluarkan $10.000 untuk membeli perlengkapan video dan peranti lunak untuk editing.

Dalam perjalanan bisnisnya, yakni mulai dari ia mendirikan Thomas Hoebbel Photography pada tahun 2001 sampai tahun 2008 (ketika menghadapi krisis), tahun 2008 itulah yang dianggapnya sangat berat. Memutuskan membuka pelayanan baru (ekspansi) dalam bisnisnya yang saat itu belum teruji berhasil, baginya adalah saat yang mendebarkan dirinya.

Untuk mengetahui apakah keputusan bisnis yang dia ambil salah atau benar, menurut Hoebbel adalah dengan menawarkan layanan video dan editing kepada kliennya dan ia benar melakukannya. Dalam setiap pertemuan dengan calon kliennya yang baru atau yang menjadi pelanggannya,  pria berkacamata itu tidak pernah lupa untuk menawarkan layanan baru usahanya.

Kebangkitan usahanya mulai terlihat ketika ia mulai membuka layanan rekaman video dan editing. Dan benar, dalam beberapa bulan, pendapatan perusahaan terus meningkat. Ia bahkan mengaku 2/3 dari pemasukan perusahaan berasal dari layanan baru yang ditawarkannya. Sampai saat ini, hal itu pun belum lah berubah.

Bagi Hoebbel, melakukan ekspansi dalam usaha adalah kunci agar berhasil keluar dari tekanan/krisis serta meraih kembali kesuksesan dan itu sudah dialaminya. It works !!

Sumber : entrepreneur/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami