Perempuan Tak Perlu Saling Bersaing

Career / 30 September 2009

Kalangan Sendiri

Perempuan Tak Perlu Saling Bersaing

Tammy Official Writer
2187
Di dunia kerja, antar pekerja perempuan mudah dibayangkan jika mereka justru bersaing di antara mereka sendiri dan bukannya saling ber-networking. Bayangan terjadinya saling menusuk dari belakang dan kompetisi di antara perempuan di tempat kerja mudah meluas. Bersiaplah untuk mengatasi konflik yang mungkin timbul akibat persaingan tersebut. Tetapi keluarlah dari persaingan dengan networking sekutu yang kuat.

Jangan libatkan orang ketiga. Bagi perempuan, kata-kata konfrontasi bisa berarti kata-kata kasar. Alih-alih menceritakan keluhan akan masalah Anda dengan rekan kerja atau atasan, sebaliknya katakan langsung saja pada yang bersangkutan. Reputasi tentu saja akan lebih baik karena Anda telah menyelesaikan masalah langsung tanpa menggosipi diri sendiri di lingkungan kantor.

Tak perlu terlalu membuka informasi pribadi. Semenjak masa sekolah atau kuliah, pertemanan begitu mudahnya dimasuki karena adanya keterbukaan. Tetapi jangan terlalu bersemangat melakukan hal yang sama di tempat kerja. Anda masih membutuhkan waktu untuk mengetahui siapa yang bisa anda percaya, dan orang yang percaya pada anda. Berhati-hatilah, jangan umbar apapun yang Anda tak ingin atasan Anda ketahui.

Apabila ada masalah, segeralah atasi. Jangan biarkan masalah berlarut-larut. Apabila menjadi membusuk akibat berlama-lama, akan terjadi kebencian dan akhirnya gosip. Jagalah percakapan Anda agar tetap fokus pada isu pekerjaan. Tekankan padanya bahwa jika Anda bersekutu, justru akan lebih banyak memberi keuntungan.

Jangkaulah para wanita yang berada di atas generasi Anda. Di lingkungan kerja Anda akan menemukan kelompok usia yang berbeda. Cobalah jangkau mereka yang berada di atas kelompok usia generasi Anda. Bahkan mainkan peranan aktif dengan menjadi jembatan bagi perbedaan usia.

Women CompetitionTerus bangun network perempuan dengan mengajak orang baru. Biasanya, jika Anda sedang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan... Siapa yang akan Anda cari? Umumnya bukan orang yang berada di atas usia Anda, tetapi rekan-rekan sebaya Anda. Bahkan referensi lowongan pun biasanya didapatkan dari rekan-rekan seusia Anda. Itulah sebabnya penting untuk dekat dengan perempuan secara horisontal.

Ayo, mulailah bangun network rekanan perempuan Anda. Ingatlah bahwa persaingan tak selamanya menguntungkan, tetapi networking adalah yang terbaik dalam bekerja sama antar hubungan sesama perempuan. Jika Anda membangun budaya saling membantu sama lain di antara para perempuan dalam membangun posisi yang lebih tinggi, coba bayangkan apa manfaat yang lebih bisa didapatkan dalam bekerja sama bersama, daripada saling bersaing.

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami