Botak Bukan Karena Berpikir

Psikologi / 30 September 2009

Kalangan Sendiri

Botak Bukan Karena Berpikir

agnes.faith Official Writer
4772

Masalah kebotakan adalah hal yang sungguh meresahkan bagi siapa saja. Baik itu wanita ataupun pria. Sebagian besar pria sangat sensitif terhadap kerontokan rambut yang mengakibatkan kebotakan. 85 persen kasus kebotakan pada pria adalah karena factor genetik. Bila ayahnya mengalami kebotakan dini, maka kemungkinan besar anaknya akan mengalami hal tersebut.

Kebotakan dapat terjadi usia muda, misalnya 18 tahun. Dan beruntung jika Anda mengalaminya saat memang usia Anda sudah lanjut dan memang  sudah seharusnya, misalnya usia 50 atau 60an.

Tanda yang jelas terlihat adalah mundurnya garis rambut dan titik kebotakan pada pusat rambut. Jadi kebotakan pada area depan kepala atau tengah kepala. Penyebab yang biasa mengakibatkan hal ini adalah selain obat-obatan seperti vitamin A, Anabolik Steroid ternyata tekanan seperti stress dan depresi seperti perceraian, kematian orang tersayang atau kehilangan pekerjaan bisa menjadi pemicu terjadinya kebotakan.

Menurut penelitian, sebanyak 12 persen pria menjadi botak di usia 25 tahun. Angka ini melompat menjadi 37 persen untuk usia 35 tahun, dan 45 persen untuk usia 45 tahun.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami